4 Jenis Makanan Penyebab Jerawat Yang Perlu Kamu Ketahui

4 Jenis Makanan Penyebab Jerawat Yang Perlu Kamu Ketahui

4 Jenis Makanan Penyebab Jerawat Yang Perlu Kamu Ketahui  Jerwat merupakan masalah kulit yang kerap dialami oleh banyak orang dan biasanya muncul di bagian tubuh tertentu, seperti wajah, dada ataupun punggung. Jerawat ini sendiri ada yang bersifat ringan hingga parah yang menyerupai benjolan berisi nanah dan kista. 

Pada umumnya, jerawat disebabkan oleh perubahan kadar hormon. Namun ternyata penyebabnya tak hanya itu, jerawat juga disebabkan oleh beberapa makanan yang dapat meningkatkan gula darah, yang memicu peningkatan hormon isulin.

Dengan meningkatnya kadar insulin dalam tubuh, prosuksi munya di kulit akan meningkat, sehingga lebih rentan jerawat. Maka dari itu, banyak yang mengaitkan jerawart dengan kondisi kulit yang berminyak atau stress.  

Baca juga : Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Jenis Makanan Penyebab Jerawat 

1. Kripik kentang 

4 Jenis Makanan Penyebab Jerawat Yang Perlu Kamu Ketahui
Ilustrasi Kripik Kentang | Image Source : Shutterstock.com

Kripik kentang mengandung karbohidrat tinggi yang dapat memicu peningkatan insulin dan glukosa di dalam tubuh. Selain itu, kentang goreng dan roti juga memiliki karbohidrat yang tinggi dan sebaiknya dihindari. 

2. Makanan olahan susu 

4 Jenis Makanan Penyebab Jerawat Yang Perlu Kamu Ketahui
Susu | Image Source : Shutterstock.com

Susu, keju dan makanan olahan susu sapi lainnya, meski kaya akan kandungan kalsium, ternyata dapat menyebabkan jerawat jika kamu konsumsi secara berlebihan. Asam amino yang terkandung di dalamnya dipercaya dapat menyebabkan kelenjar minyak semakin aktif dan memicu timbulnya jerawat.  

3. Makanan dan minuman manis 

4 Jenis Makanan Penyebab Jerawat Yang Perlu Kamu Ketahui
Ilustrasi Minuman Manis | Image Source : Shutterstock.com

Makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi, seperti soda, juas buah kemasan yang diberi gula tambahan dan kue manis juga dapat menyebabkan jerawat. Hal ini disebabkan oleh kandungan glukosa yang tinggi dan dapat memicu peningkatan insulin dan menyebabkan jerawat.  

4. Makanan berminyak 

4 Jenis Makanan Penyebab Jerawat Yang Perlu Kamu Ketahui
Ilustasi Makanan Berminyak | Image Source : Shutterstock.com

Makanan berminyak umumnya mengandung lemak dan garam yang tinggi, misalnya gorengan dan makanan cepat saji. Tentu saja ini yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Selain itu, ada beberapa anggapan yang menyatakan bahwa makanan pedas dapat mempengaruhi jerawat. Namun, sebuah penelitian menyatakan bahawa makanan pedas tidak berpengaruh pada jerawat.  

Cara Menghindari Munculnya Jerawat 

1. Memilih makanan sehat 

4 Jenis Makanan Penyebab Jerawat Yang Perlu Kamu Ketahui
Ilustrasi Makanan Sehat | Image Source : Shutterstock.com

Ingin terhindar dari jerawat? Kamu bisa mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat tersebut ialah makanan yang kaya dengan Omega-3, seperti kacang dan ikan. Kacang yang kerap disebut sebagai pemicu jerawat ternyata kaya akan Omega-3 yang dapat mengurangi peradangan di sekitar kelenjar minyak. Ikan juga baik dikonsumsi agar terhindar dari jerawat.  

2. Merawat dan menjaga kebersihan kulit 

4 Jenis Makanan Penyebab Jerawat Yang Perlu Kamu Ketahui
Ilustrasi Merawat Kulit Wajah | Image Source : Shutterstock.com

Jerawar mucul dari pori-pori yang tersumbat oleh kotoran, sel kulit mati, minya dan bakteri. Hal ini tentunya terjadi karena kurangnya merawat dan membersihkan kulit secara rutin. Maka dari itu, penting untuk kamu membersihkan kulit agar terhindar dari pemicu jerawat dengan membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari, saat pagi dan malam.  

Mencuci wajahpun terkadang kurang, perlunya kamu melakukan double cleansing untuk mengangkat kotoran-kotoran lebih maksimal. Kamu dapat menggunakan rangkaian produk seperti toner, pelembab, serum dan tabir surya sesuai jenis kulit. Karena kulit yang sehat juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dan penampilan. Maka dari itu, rajinlah dalam merawat kulit agar tetap bersih dan sehat agar terhindar dari jerawat.  

3. Menjalani pola hidup sehat 

4 Jenis Makanan Penyebab Jerawat Yang Perlu Kamu Ketahui
Olahraga | Image Source : Shutterstock.com

Olahraga dan tidur yang cukup juga dapat mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat. Peneliti mengungkapkan bahwa, kurang tidur dapat memepengaruhi peningkatan stress sebanyak 15%. Meningkatnya stress dapat memicu hormon kortisol yang dapat merusak strutktur dan fungsi kulit. Selain itu, kamu juga perlu berolahraga secara rutin, karena olahraga mampu mengurangi stress.  

Selain itu, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan rutin minum air putih, setidaknya 8 gelas setiap harinya. Dengan demikian, kulit akan tetap terhidrasi dan tubuh pun akan tetap sehat. 

Jika kamu mengalami jerawat dan tidak kunjung mereda serta membandel atau justru semakin parah. Sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih tepat. 

Sekian artikel tentang 4 Jenis Makanan Penyebab Jerawat Yang Perlu Kamu Ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda untuk mengetahui cara agar terhindar dari jerawat. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya seputar makanan dan kesehatan hanya di Reseppedia Blog Follow jugaInstagram @reseppediacom untuk mendapatkan informasi seputar resep masakan enak. 

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka