Apa Saja Makanan Untuk Mencegah Penyakit Diabetes?

Apa Saja Makanan Untuk Mencegah Penyakit Diabetes?

Apa Saja Makanan Untuk Mencegah Penyakit Diabetes? – Penyakit Diabetes bisa menyerang siapa saja. Terkadang tanpa kita sadari ternyata kita sudah mengidap penyakit Diabetes ini. Ada banyak penyebab yang menjadikan kita mengidap penyakit Diabetes. Yang paling sering terjadi adalah karena faktor keturunan dan karena pola makan yang kurang baik.

Maka dari itu, cobalah untuk memastikan terlebih dahulu, apakah ada anggota keluargamu yang memiliki riwayat Diabetes? jika tidak, jangan senang dulu karena penyebab lainnya adalah karena pola makan dan asupan makanan yang masuk ke tubuh kalian. Jadi, ada baiknya kalian mencegahnya daripada menyesal dikemudian hari kalian mengetahui bahwa diri kalian mengidap penyakit Diabetes. Selain dengan olahraga, kalian bisa juga mengatasinya dengan memperhatikan makanan yang kalian makan. Apa saja kira-kira makanan yang dapat mencegah penyakit Diabetes?

 

Foto Semangkuk Makanan Sehat
Sumber: Pexels.com

Makanan Untuk Mencegah Penyakit Diabetes

1. Gandum Utuh

Foto Gandum Utuh
Ilustrasi Gandum Utuh | Sumber: Pexels.com

Gandum Utuh merupakan makanan dengan nilai glikemik rendah dan juga tinggi akan serat. Dengan adanya dua manfaat tersebut, akan sagat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Gandum utuh juga memiliki kandungan Vitamin dan Mineral untuk membantu melengkapi nutrisi.

2. Biji Chia

Foto Biji Chia
Ilustrasi Biji Chia | Sumber: Pexels.com

Biji Chia merupakan makanan dengan serat yang tinggi dan rendah akan karbohidrat dan kalori. Sehingga Biji Chia akan sangat baik dikonsumsi bagi kalian yang ingin mencegah diabetes. Karena tinggi serat, Biji Chia bisa membantu kalian mengurangi rasa lapar dan membuat rasa kenyang kalian lebih lama. Biji Chia berguna juga untuk menurunkan kadar gula darah dengan cara memperlambat proses penyerapan nutrisi didalam usus.

3. Mie Shirataki

Foto Mie Shirataki
Ilustrasi Mie Shirataki | Sumber: Pexels.com

Mie yang terbuat dari glucomannan, yaitu sejenis serat yang berasal dari akar tanaman konjak ini sangat cocok untuk kalian tambahkan dalam menu makan kalian dalam mencegah Diabetes. Mie ini berbeda dengan mie pada umumnya, dimana biasanya mie itu tinggi akan karbohidrat dari tepung namun Mie Shirataki ini tidak. 97% dari mie ini mengandung air, namun mie ini tetap memiliki serat yang tinggi sehingga cocok untuk dikonsumsi sebagai pencegah penyakit Diabetes

4. Kacang-kacangan

Foto kacang kacangan
Ilustrasi Kacang-kacangan | Sumber: Pexels.com

Biasanya kegiatan Nyemil ini yang cukup berpengaruh akan penyebab penyakit Diabetes. Karena cemilan yang masuk terus menerus, dengan porsi suapan kecil namun secara konstan merupakan maslah yang paling susah dihindari. Nah agar kalian tetap bisa nyemil dan tidak takut terserang penyakit Diabetes, kalian bisa gunakan kacang-kacangan sebagai cemilan kalian. Kacang-kacangan yang bisa kalian pilih adalah kacang almond, kenari, mete, pistachio, kacang tanah dan kacang merah. Kacang-kacangan ini bagus sebagai cemilan karena mereka memiliki serat yang tinggi dan juga mengandung protein. Selain itu, terkandung juga karbohidrat kompleks dan juga memiliki indeks glikemik rendah. Ini maksudanya adalah kacang-kacangan ini lebih lama diubah menjadi glukosa atau gula. Sehingga kenaikan kadara gula dalam darah tidak naik secara drastis.

5. Jagung

Foto Jagung
Ilustrasi Jagung | Sumber: Pexels.com

Jagung memiliki manfaat hampir sama dengan kacang-kacangan. Jagung juga memiliki indeks glikemik rendah. Selain itu jagung juga mengandung serat dan pati (jenis karbohidrat kompleks) yang memerlukan waktu lebih untuk dicerna oleh tubuh. Jadi sama seperti kacang-kacangan, mengkonsumsi jagung tidak mengakibatkan kenaikan gula dara secara drastis. Jagung juga membuat kenyang lebih lama karena jagung dicerna dengan waktu yang cukup lama.

Disamping menjaga pola makan yang sehat dan teratur, ada baiknya juga kita melakukan investasi yang teratur juga. Salah satu instrumen investasi yang banyak digemari saat ini adalah bitcoin kripto. Apa itu bitcoin kripto? Bitcoin adalah salah satu mata uang digital kripto yang dibuat pada tahun 2009. Hingga saat ini banyak yang menjadikan bitcoin sebagai investasi karena harganya setiap tahun selalu bertambah. Ini dibuktikan dengan kapitalisasi pasar terbesar dibandingkan aset aset kripto lainnya.

Itulah beberapa makanan yang bisa kalian jadikan menu tambahan sehari-hari kalian agar terhindar dari resiko penyakit Diabetes. Atur pola makan, lebih bijak memilih makanan, dan jangan lupa lebih banyak bergerak ya.

Semoga Sehat Selalu!

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka