5 Makanan Yang Menyehatkan Jantung Agar Panjang Umur

5 Makanan Yang Menyehatkan Jantung Agar Panjang Umur

5 Makanan Yang Menyehatkan Jantung Agar Panjang Umur – Memiliki jantung yang sehat merupakan sebuah pencapaian yang sangat luar biasa bagi sebagian orang. Karena jantung merupakan salah satu organ vital yang sangat berpengaruh dari tubuh kita. Untuk memiliki jantung yang sehat dapat kita lakukan dengan beberapa cara, yaitu dari olahraga dan mengkonsumsi makanan yang tidak hanya sehat tapi juga baik untuk jantung kita.

Diet makanan yang yang tepat akan sangat berperan penting dalam meningkatkan kesehatan jantung kita. Beberapa makanan berikut bisa kalian jadikan pilihan dalam menjaga kesehatan jantung kalian:

Ilustrasi fotografi makanan sehat
Sumber: Pexels.com

Rekomendasi Makanan Yang Menyehatkan Jantung:

1. Bayam, Kale dan Sawi

Sayuran hijau
Sumber: Pexels.com

Bayam, kale dan sawi merupakan sayuran dengan daun yang berwarna hijau. Menurut Healthline,Sayurang dengan daun hijau sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung karena dalam sayur ini mengandung vutamin K, mineral dan antioksidan yang berguna untuk melindungi pembuluh darah arteri dan membantu dalam pembekuan darah. Selain itu kandungan nitrat yang ada dalam sayuran berdaun hijau ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri dan meningkatkan fungsi sel pelapis pembuluh darah.

2. Beras Merah, Gandum Utuh dan QuinoaBiji-bijian

Sumber: Pexels.com

Biji-bijian juga sangat ampuh dalam membantu menjaga kesehatan jantung. Biji-bijian seperti beras merah, gandum dan quinoa ini memiliki serat lebih banyak dibandingkan dengan jenis biji-bijian lainnya. Dengan mengkonsumsi biji-bijian ini akan sangat membantu dalam menurunkan koesterol jahat (LDL).

3. Strawberry, Blueberry, Blackberry dan RasberryBuah Jenis Bery

Sumber: Pexels.com

Buah beri terbukti memiliki antioksidan yang tinggi yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari stres, adiktif dan perdangan. Beberapa penyakit tersebut sangat berpengaruh dalam kesehatan jantung, karena mereka lah yang menyebabkan adanya komplikasi pada jantung. Dengan mengkonsumsi buah beri setiap hari ini dapat meningkatkan kinerja sel pelapis pembuluh darah. Selain itu, buah beri juga membantu dalam mengontrol tekanan darah dan pembekuan darah.

4. Alpukat

Buah Alpukat
Sumber: Pexels.com

Alpukat yang kaya akan lemak tak jenuh sangat baik untuk memjaga kesehatan jantung. Fungsi dari lemak tak jenuh ini adalah untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain terdapat lemak tak jenuh, alpukat juga mengandung kaliam yang berfungsi dalam menunjang kinerja jantung agar dapat berfungsi dengan maksimal.

  1. Salmon, Sarden dan Tuna
    Masakan Ikan Salmon
    Sumber: Pexels.com

    Tiga jenis ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tentunya baik untuk kesehatan jantung. Jika mengkonsumsi ikan dengan lemak baik dalam jangka waktu yang cukup panjang itu terbukti dapat menjaga kestabilan kadar kolesterol total, gula darah dan juga tekanan darah sistolik. Jika kalian tidak suka mengkonsumsi ikan atau kalian tipe yang agak malas untuk memasak ikan kalian bisa beralih ke mengkonsumsi minyak ikan.

Itulah 5 makan yang dapat membantu kalian dalam menjaga kesehatan jantung kalian. Makanan tersebut bisa kalian kombinasikan dengan jenis makanan lainnya.

Semoga sehat selalu ya!

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka