Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Yang Wajib Diketahui

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Yang Wajib Diketahui

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Yang Wajib Diketahui – Seorang penderita hipertensi tentunya harus menjaga pola makan dengan selalu mengonsumsi makanan penurun tekanan darah tinggi. Ini tentunya bertujuan agar tekanan darah tetap stabil dan terhindar dari berbagai komplikasi. Maka dari itu, seorang oenderita hipertensi haruslah melakukan pola hidup sehat secara konsisten, salah satunya dengan memilih makanan sehat. Ada beberapa makanan yang tentunya dapat menurunkan atau menstabilkan tekanan darah.

Apa itu Hipertensi?

Sebelum lanjut, sebaiknya kaetahui sedikit tentang penyakit yang satu ini. Hipertensi meruapakan istilah medis dari penyakirt tekanan darah tinggi. Kondisi ini tentunya dapat mengakibatkan komplikasi yang tentunya akan membahayakan nyawa. Penyakit iini juga meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung, stroke dan bahkan menyebabkan kematian.

Tekanan darah bisa diartikan sebagai kekuatan yang diberikan oleh sirkulasi darah terhadap dinding arteri tubuh, yaitu pembuluh darah utama yang berada dalam tubuh. Besarnya tekanan ini bergantung pada resistensi pembuluh darah dan seberapa keras jantung bekerja. Semakin banyak darah yang dipompa oleh jantung dan semakin sempit pembuluh darah arteri, maka tekanan darah akan semakin tinggi.

Hipertensi dapat diketahui dengan rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah. Setidaknya, orang dewasa dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan darah, termasuk tekanan darah setiap 5 tahun sekali. Untuk pengidap penyakit tekanan dari tinggi ini, mereka tentunya harus menerapkan pola makan sehat (DASH).

Menerapkan Pola Makan Sehat (DASH)

Pola makan yang direkomendasikan untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah diet DASH atau  Dietary Approaches to Stop Hypertension. Untuk anda ketahui, ada 4 pola makan DASH, yaitu :

  • Tingkatkan asupan nutrisi dari biji-bijian utuh, ikan, ungags, serta kacang-kacangan.
  • Perbanyak mengonsumsi buah, sayur, serta produk susu rendah lemak.
  • Kurangin mengonsumsi banyak garam, makan dan minuman yang manis, serta daring merah.
  • Kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, kolesterol, serta lemak trans.

Selain itu, ketahui juga porsi tiap jenis makanan saat menjalani DASH, diantaranya :

  • Beras dan gandum : Makssimal 7-8 porsi per hari
  • Sayuran : Minimal 4-5 porsi per hari
  • Buah-buahan : Minimal 4-5 porsi per hari
  • Susu rendah lemak : Maksimal 2-3 porsi per hari
  • Daging, ayam dan ikan : Maksimal 2 porsi per hari
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian : 4-5 porsi per minggu
  • Lemak dan minyak : Maksimal 2-3 porsi per hari
  • Makanan dan minuman manis : Maksimal 5 porsi per hari

Selain menjalani diet DASH, pengidap hipertensi juga harus melakukan pola hidup lainnya, seperti :

  • Berolahraga teratur
  • Mengonsumsi obat dengan resep dokter secara teratur
  • Tidak merokok
  • Tidak mengonsumsi minuman beralkohol
  • Beristirahat dengan cukup
  • Keloka stress dengan baik

Makanan Penurun Darah Tinggi atau Hipertensi

Meski tidak ada makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat, setidaknya ada beberapa makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Tentunya beberapa makanan dibawah ini sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Berikut beberapa makanan penurun darah tinggi :

1. Ikan salmon

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Yang Wajib Diketahui
Ilustrasi Ikan Salmon | Image Source : shutterstock.com

Ikan salmon meruapakan ikan yang kaya dengan asam lemak omega-3. Kandungan lemak sehat ini dapat menurunkan tekanan darah dengan menekan peradangan dalam tubuh. Selain itu, juga dapat menurunkan kadar senyawa yang dapat menyempitkan pembuluh darah yang bernama Oxylipin.

2. Sayuran hijau

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Yang Wajib Diketahui
Ilustrasi Sayuran Hijau | Image Source : shutterstock.com

Sayuran hijau memiliki macam-macam nutrisi yang dapat mendukung kesehatan dan fungsi pembuluh darah, sehingga dapat membantu mengontrol tekanan darah. Misalnya bayam dan brokoli mengandung beragam nutrisi, mulai dari serat, antioksidan, kalium, kalsium, magnesium, dan potassium.

3. Buah bit

Ilustrasi Buah Bit | Image Source : shutterstock.com

Buah bit mengandung nitrat. Nitrat dikenal sebagai senyaea yang baik dalam melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Peneliti membuktikan bahwa jus buah bit dapat menurunkan tekanan darah dalam waktu sehari semalam.

4. Wortel

Ilustrasi Wortel | Image Source : shutterstock.com

Apakah anda suka mengonsumsi wortel? Tentunya bagus untuk kesehatan anda. Tak hanya baik untuk mata, studi menjelaskan bahwa kandungan senyawa fenolik dalam wortel secara signifikan  dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Meski senyawa ini didapatkan dari wortel yang dimasak atau mentah, mengonsumsi wortel secara mentah dinilai lebih bermanfaat dalam penurunan tekanan darah.

5. Susu rendah lemak dan yoghurt

Ilustrasi Susu Rendah Lemak dan Yoghurt | Image Source : shutterstock.com

Susu yang kaya dengan kalsium dan rendah lemak juga dapat membantu anda untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain susu, yoghurt juga bisa anda gunakan sebagai penggantinya.

6. Buah Citrus

Ilustrasi Buah Citrus | Image Source : shutterstock.com

Jenis buah citrus yang baik dikonsumsi penderita hipertensi, seperti jeruk, jeruk bali, dan lemon. Sama seperti sayuran hijau, buah-buahan ini sarat akan vitamin, mineral dan senyawa bioaktif yang memiliki efek menurunkan tekanan darah tinggi.

Dengan pola hidup yang sehat dan disertai dengan mengonsumsi makanan penurun darah tinggi, diharapkan tekanan darah dapat stabil. Jangan lupa untuk memeriksa tekanan darah dan kondisi kesehatan anda ke dokter dengan rutin, agar dapat mengantisipasi terjadinya komplikasi.

Sekian artikel Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Yang Wajib Diketahui. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang ingin mengetahui makanan penurun darah tinggi. Jangan lupa untuk selalu simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Reseppedia Blog.

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka