Sekian Ketahui Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Baik Untuk Perkembangan Janin

Ketahui Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Baik Untuk Perkembangan Janin

Ketahui Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Baik Untuk Perkembangan Janin – Pada masa kehamilan, tentunya harus menjaga makanan yang dikonsumsi, karena makanan tidak hanya menjaga ibu hamil, tetapi juga mendukung perkembangan janin. Tentunya ini sangat penting bagi setiap ibu hamil untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan.

Tentunya agar selalu dapat menjaga janin yang ada dalam kandungan agar tetap sehat. Misalkan, Folat untuk mencegah bayi cacat, Kalsium dan Protein untuki pembentukan jaringan tubuh dan tulang janin, serta Zat Besi untuk mencegah anemia saat hamil.

Kebutuhan nutrisi tersebut tentunya dapat diperoleh dari beragam jenis makanan yang berbeda. Maka dari itu, sangat penting untuk mengenal jenis makanan sehat untuk ibu hamil agar asupan nutrisi tetap terjaga. Untuk itu, ada beragam jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat dikonsumsi selama masa kehamilan. Yuk simak selengkapnya disini!

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

1. Sayur dan Buah

Ketahui Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Baik Untuk Perkembangan Janin
Ilustrasi Sayur dan buah | Image Source : Shutterstock.com

Sayur dan buah  tentunya merupakan makanan sehat bagi ibu hamil. Setiap ibu hamil, setiap harinya perlu mengonsumsi setidaknya 5 porsi sayuran dan buah-buahan berbeda untuk mendapatkan aneka vitamin, mineral, dan serat.

Sayur bayam dan kale banyak mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K dan asam Folat. Tentunya vitamin ini penting untuk memelihara kesehatan mata, menjada daya tahan tubuh, dan mencegah janin terlahir cacat.

2. Daging tanpa lemak, Ikan dan Telur

Ketahui Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Baik Untuk Perkembangan Janin
Ilustrasi Daging tanpa lemak, Ikan dan Telur | Image Source : Shutterstock.com

Makanan ini tentunya kaya akan kandungan protein yang sangat penting bagi pertumbuhan janin, terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Ikan salmon kaya akan omega-3 yang tentunya sangat baik untuk menjaga suasana hati ibu hamil dan mendukung pertumbuhan janin.

Telur juga kaya akan kolin yang berperan penting dalam mendukung perkembangan otak dan saraf janin. Bahkan tak hanya itu, telur juga dapat mengurangi risiko terjadinya cacat pada tabung syaraf.

Meski demikian, untuk menghidari paparan merkuri yang terkandung dalam ikan laut, ibu hamil disarankan untuk membatasi konsumsi ikan laut. Mengonsumsi tidak lebih dari 350 gram ikan salmon, tua atau tongkol dalam waktu seminggu. Batasi konsumsi ikan sebanyak 2-3 porsi per minggunya.

3. Makanan Sumber Karbohidrat

Ketahui Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Baik Untuk Perkembangan Janin
Ilustrasi Makanan Sumber Karbohidrat | Image Source : Shutterstock.com

Tentunya ibu hamil harus memenuhi kebutuhan nutrisi melalui makanan sumber karbohidrat. Gandum merupakan salah satu sumber karbohidrat yang juga kaya dengan nutrisi, termasuk serat, vitamin E dan selenium yang baik untuk tumbuh kembangnya janin.

Selain itu, untuk mencukupi kebutuhan energi saat hamil, ibu hamil tentunya perlu mendapatkan asupan makanan yang mengandung karbohidrat. Misalnya, oatmeal, roti gandum, pasta dan nasi beras merah.

4. Kacang-kacangan

Ketahui Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Baik Untuk Perkembangan Janin
Ilustrasi Kacang-kacangan | Image Source : Shutterstock.com

Tentunya kacang-kacangan mempunyai peran penting dalam mencukupi kebutuhan serat dan melancarkan pencernaan ibu hamil. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan kalsium, folat, zat besi dan seng.

Jika asupan serat tercukupi, ibu hamil akan terhindar dari konstipasi dan wasir. Rutin mengonsumsi makanan berserat dan bernutrisi tinggi, seperti kacang, sayur dan buah juga baik untuk mencegah diabetes gestasional.

5. Susu dan Produk Olahan

Ketahui Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Baik Untuk Perkembangan Janin
Ilustrasi Susu dan Produk Olahan | Image Source : Shutterstock.com

Susu dan produk olahan susu, seperti yogurt dan keju tentunya kaya akan kalsium yang baik untuk pembentukan tulan pada bayi. Selain itu, juga dpaat menjaga kesehatan tulang sang ibu. Sangat dianjurkan pada ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan cairan tubu. Jika cairan dalam tubuh telah tercukupi, maka resiko janin terlahir Premature akan berkurang.

Selain itu, pemenuhan cairan juga dapat mencegah dehidrasi, wasir, serta konstipasi pada ibu hamil. Selama masa kehamilan, sangat disarankan untuk mengonsumsi kurang lebih 2,5 liter atau setara dengan 10 gelas air dalam sehari. Cairan ini juga dapat diperoleh dari makanan seperti buah yang mengandung kadar air tinggi, atau minuman seperti jus atau susu.

Hindari untuk mengonsumsi terlalu banyak minuman kemasan dengan kadar gula yang tinggi. Karena tentu saja, minuman dengan kadar gula yang tinggi tidak baik untuk tubuh dan akan menyebabkan diabetes, obesitas dan tekanan darah tinggi. Maka dari itu, hindari mengonsumsi minuman dengan kadar gula tinggi demi kesehatan tubuh.

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Saat Hamil dengan Suplemen

Ketahui Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Baik Untuk Perkembangan Janin
Ilustrasi Memenuhi Nutrisi | Image Source : Shutterstock.com

Meskipun sudah mengonsumsi berbagai jenis makan yang baik untuk tubuh, mungkin masih melewatkan beberapa nutrisi tertentu. Untuk itu, biasanya dokter akan menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi suplemen vitamin untuk melengkapi nutrisi tersebut.

Salah satu suplemen yang biasanya disarankan oleh dokter ialah Tablet Tambah Darah yang memiliki kandungan 60 miligram zat besi dan 400 mikrogram asam folat. Serta dokter akan menentukan dosisi yangt tepat sesuai dengan kondisi ibu hamil.

Cermat Mempersiapkan Makanan Untuk Ibu Hamil

Ketahui Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Baik Untuk Perkembangan Janin
Ilustrasi Mempersiapkan Makanan | Image Source : Shutterstock.com

Membuat atau mengolah makanan sendiri merupakan salah satu cara untuk menjaga kualitas serta kesetan bahan-bahan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, mengolah makanan sendiri tentunya dapat membuat kita sangat yakin akan Sterilisasi bahan dan alat yang digunakan untuk memasak. Maka dari itu, berikut ini kami akan berikan panduan untuk mempersiapkan makanan sehat untuk ibu hamil.

  • Mencuci segala bahan masakan yang akan dimasak agar bersih dari kotoran.
  • Menyimpan makanan mentah ditempat yang berbeda dengan makanan siap santap dalam lemari pendingin untuk menghidari kontaminasi kuman.
  • Gunakan alat-alat masak yang bersih, misalkan talenan yang digunakan untuk memotong daging berbeda dengan talenan untuk memotong buah/sayur.
  • Masak daging atau telur hingga benar-benar matang.
  • Cuci bersih tangan dan seluruh alat-alat dapur yang telah digunakan untuk memotong dan mengolah makanan.
  • Hindari untuk memakan makanan mentah yang tentunya sangat berbahaya untuk ibu hamil.

Selain mengonsumsi makanan sehat, ibu hamil juga perlu berolahraga secara rutin, beristirahat yang cukup, menjauhi rokok dan asap rokok, minuman berakohol. Bahkan tak hanya itu, ada hal penting yang harus dihindari ibu hamil, yaitu mengurangi stress agar kondisi ibu dan janin tetap terjaga.

Sekian Ketahui Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Baik Untuk Perkembangan Janin. Semoga bermanfaat dan dapat membantu para ibu yang sedang hamil untuk mengetahui berbagai makanan sehat yang harus dikonsumsi saat hamil. Jangan lupa untuk simak juga berbagai artikel menarik lainnya hanya di Reseppedia Blog.

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka