Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tips Meningkatkan Daya Tahan TubuhMenjaga daya tahan tubuh, tentunya merupakan suatu hal yang harus dilakukan agar tetap sehat, terlebih pada cuaca yang tidak menentu. Daya tahan tubuh tentunya akan menurun akibat faktor cuaca dan dapat meningkatkan risiko penyakit. Maka dari itu, penting untuk anda menjaga daya tahan tubuh dengan melakukan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Seperti yang kita ketahui, tubuh manusia memiliki sistem daya tahan tubuh atau sistem imunitas yang akan melawan mikroorganisme yang tentunya akan dapat menimbulkan penyakit. Daya tahan tubuh manusia diatur dan dibentuk oleh sistem limfatik. Namun, bukan berarti sistem imunitas ini tidak bisa gagal dalam mencegah serangan penyakit.

Kuman tentunya akan dapat masuk dan membuat anda sakit, terlebih jika daya tahan tubuh sedang lemah. Maka dari itu, tentunya sangat penting untuk anda mengetahui cara tepat meningkatkan daya tahan tubuh.

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh | Image Source : shutterstock.com

Menjalani gaya hidup sehat tentunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda. Menurunnya daya tahan tubuh disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, tentunya dapat mengganggu berbagai proses dan fungsi tubuh, termasuk sistem imunitas.

Baca juga : Manfaat Kacang Panjang Untuk Payudara

Penyakit akan dapat masuk ke dalam tubuh jika sistem imunitas gagal dalam mencegah serangan penyakit karena daya tahan tubuh menurun.

Dalam melaksanakan gaya hidup sehat, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, diantaranya :

  • Hindari merokok dan minum minuman beralkohol.
  • Rutin berolahraga.
  • Menjaga tekanan darah.
  • Istirahan yang cukup.
  • Menjaga berat badan yang ideal.

Selain cara diatas, tentunya ada beberapa cara lain yang bisa anda lakukan, yaitu menjadi emosi dan menghindari stress. Contohnya bila anda stress, hormone stress akan meningkat di dalam tubuh dan menekan sistem imun anda. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi daya tahan tubuh anda, sehingga anda menjadi rentan sakit.

Untuk anda yang kerap stress, ada baiknya untuk menghindari stress ini dengan beberapa cara demi kesehatan anda. Cobalah untuk bertukar pikiran dengan orang sekitar anda, orang yang akan dapat memberikan anda solusi dari masalah anda atau melakukan konsultasi, sehingga anda dapat merasa lega. Atau anda bisa juga menjalani meditasi sebagai salah satu cara untuk mengatasi, agar anda dapat tenang dan merasa lega.

Selain dengan cara diatas, anda dapat melakukan gaya hidup sehat dengan beberapa makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Maka dari itu, beberapa makanan ini cocok untuk anda konsumsi, terlebih pada cuaca yang tidak menentu, yang bisa menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh. Simak berikut beberapa makanan yang bisa anda konsumsi demi menjaga daya tahan tubuh anda.

Makanan Yang Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh | Image Source : shutterstock.com
  • Jeruk

Jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Tentu saja vitamin satu ini sangat diperlukan tubuh untuk meningkatkan jumlah sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi. Beberapa jenis jeruk, seperti jeruk bali dan jeruk nipis, merupakan pilihan buah yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Bayam

Bayam juga kaya dengan vitamin C, beta karoten dan antioksidan. Dengan kandung vitamin ini, bayam dapat membentu meningkatkan sistem imun tubuh untuk melawan infeksi.

  • Brokoli

Salah satu sayuran yang kaya dengan vitamin, brokoli kaya dengan vitamin seperti vitamin E, A dan C. Selain itu, brokoli juga mengandung mineral dan antioksidan. Sayang sekali jika sayur satu ini tidak masuk ke daftar menu harian anda. Mempunyai banyak vitamin yang dikandung, terlebih cara mengolahnya yang tidak rumit. Sayur satu ini harus anda masukan ke daftar menu harian anda.

  • Kacang Almond

Kacang almond merupakan sumber vitamin E. Untuk itu, anda perlu ketahui bahwa vitamin E mempunyai peranan dalam sistem kekebalan tubuh. Selain kacang almond, jenis kacang-kacangan lainnya juga memiliki kandungan berbagai vitamin dan lemak sehat.

Selain jenis makanan diatas, ada beberapa makanan lagi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti jahe, bawang putih, paprika merah, kunyit, teh hijau dan yoghurt. Penting untuk anda ketahui, untuk tidak mengolah sayur, seperti bayam atau brokoli dalam waktu yang lama, cukup anda rebus sebentar untuk menjaga nutrisi di dalamnya.

Sekian artikel Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Tetap jaga daya tahan tubuh dengan gaya hidup sehat dan makan makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Semoga bermanfaat dan tips diatas dapat membantu. Jangan lupa untuk simak juga berbagai artikel menarik lainnya hanya di Reseppedia Blog.

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka