Manfaat Mengonsumsi Bawang Bombay Bagi Kesehatan

Manfaat Mengkonsumsi Bawang Bombay Bagi Kesehatan

Manfaat Mengkonsumsi Bawang Bombay Bagi Kesehatan – Bawang bombay meruapakan salah satu bahan masakan yang kerap digunakan, terutama saat membuat bumbu karena aromanya yang khas. Bawang jenis satu ini paling luas dan banyak dibudidayakan. Selain banyak digunakan untuk bahan masakan, tahukah and ajika bawang bombay memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan?

Sama seperti bawang merah dan putih, bawang bombay tumbuh di tanah. Dengan ukuran yang besar dan daging yang tebal, serta berwarna coklat keemasan yang menjadi ciri khas dari bawang satu ini. Jenis bawang satu ini banyak mengandung nutrisi penting bagi tubuh, seperti karbohidrat, serat, garam, gula, vitamin B6, vitamin C, asam folat, kalium dan beragam antioksidan alami.

Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan

Manfaat Mengonsumsi Bawang Bombay Bagi Kesehatan
Bawang Bombay | Image Source : Shutterstock.com

Dengan banyak kandungan nutrisi dalam bawang bombay, tentu saja memiliki manfaat untuk kesehatan. Ada beberapa manfaat mengonsumsi bawang bombay bagi kesehatan. Penasaran? Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Menangkal radikal bebas

Bawang bombay banyak mengandung antioksidan dan senyawa atiradang. Tentunya ini sangat penting, karena antioksidan dapat menangkal radikal bebas berlebih yang dapat memicu kerusakan pada sel-sel sehat dan menyebabkan penyakit. Antioksidan banyak ditemukan pada lapisan terluar dari bawang bombay.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan dan vitamin C pada bawang bombay juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dua kandungan ini dapat mengaktifkan dan memperkuat sel darah putih yang bertugas melindungi anda dari berbagai serangan virus dan bakteri.

3. Menurunkan risiko mengalami kanker

Seperti yang kita ketahui bahwa kanker merupakan penyakit yang dapat berakibat fatal. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi bawang bombay dapat menekan risiko kanker. Seperti kanker payudara, lambung dan kanker usus besar.

4. Menyehatkan sistem pencernaan

Jenis bawang satu ini juga mempunyai menfaat untuk menyehatkan sistem pencernaanmu. Hal ini disebabkan karenabawang bombay merupakan sumber serat dan prebiotic yang baik untuk kelancaran buang air besar dan kesehatan usus secara menyeluruh.

Jenis bawang ini juga memiliki sifat antibakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya, seperti B. cereus dan S. aureus. Dengan mengonsumsi bawang bombay, risiko kamu mengalami gangguan pencernaan, seperti sembelit dan diare.

5. Menjaga kadar gula

Mengonsumsi bawang bombay juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah, terutama untuk pengidap diabetes dan prediabetes. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang mengidap diabetes tipe 2 rutin mengonsumsi bawang bombay mentah, sekitar 100 gram per hari, terbukti mengalami perbaikan kadar gula darah.

Dengan penjelasan diatas, diharapkan anda dapat mengetahui potensi dari manfaat bawang bombay untuk kesehatan. Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Namun dengan mengetahui potensinya, anda dapat lebih sering menyertakan bawang ini dalam masakan anda. Perlu anda ketahui, bahwa mengonsumsi bawang bombay dalam bentuk mentah lebih berkhasiat, meskipun akan menimbulkan bau mulut dan bau badan.

Terlepas dari semua manfaatnya, kamu juga harus mengetahui potensi lain yang dapat disebabkan oleh jenis bawang satu ini. Bawang bombay dapat menyebabkan ganguang pencernaan, seperti nyeri ulu hati dan perut bergas, pada orang yang mengidap Irritable Bowel Syndrome. Menyentuh bawang bombay juga dapat menyebabkan reaksi alergi di kulit pada sebagian orang, meski ini sangat jarang terjadi.

Sekian artikel tentang Manfaat Mengkonsumsi Bawang Bombay Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda untuk mengetahui manfaat dari jenis bawang satu ini. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Reseppedia.com.

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka