Ternyata Ini Penyebab Ngantuk Setelah Makan, Simak Disini!

Ternyata Ini Penyebab Ngantuk Setelah Makan, Simak Disini!

Penyebab Ngantuk Setelah Makan – Rasa kantuk mungkin sering dirasakan oleh setiap orang dan hal ini wajar terjadi. Ngantuk merupakan kondisi ketika seseorang merasa ingin tidur. Kondisi ini umumnya terjadi pada malam hari atau siang hari, dan merupakan hal yang wajar. Namun, rasa kantuk yang berlebihan, bahkan hingga mengganggu aktivitas dan menurunkan produktivitas haruslah ditangani.

Salah satu rasa kantuk yang kerap dirasakan oleh setiap orang adalah rasa kantuk saat setelah makan. Tentu saja fenomena ini dapat mengganggu aktivitas dan produktivitas. Tak sedikit yang merasakan kantuk ketika setelah makan, dan membuat konsentrasi mereka menurun.

Untuk itu, ada baiknya kamu ketahui penyebabnya, sehingga kamu dapat menghindari beberapa hal yang dapat menyebabkan rasa kantuk terjadi setelah makan.

Baca juga : Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Ada beberapa faktor penyebab ngantuk setelah makan, bahkan ada beberapa makanan dan minuman yang dapat memicu rasa ngantuk. Oleh sebab itu, kami telah merangkum beberapa penyebab ngantuk setelah makan untuk kamu di bawah ini.

Penyebab Ngantuk Setelah Makan

Ternyata Ini Penyebab Ngantuk Setelah Makan, Simak Disini!
Ilustrasi Mengantuk | Image Source : istockphoto.com

1. Kurang tidur

Saat kamu kurang tidur, tubuh akan lelah dan akan muncul rasa lapar. Hal ini akan membuat kamu lebih banyak makan atau ngemill, sehingga rasa ngantuk semakin terasa. Untuk mencegahnya, cukupilah waktu tidur setidaknya 7-9 jam. Mulailah pola hidup sehat, hentikan kebiasaan begadang, mulailah berolahraga dan hindari stress.

2. Kurang olahraga

Kurang berolahraga membuat tubuh kamu akan mudah merasa lelah. Hal ini menjadi salah satu pemicu munculnya rasa kantuk setelah makan. Olahraga sangat berengaruh kepada kekuatan dan daya taha tubuh, serta efisiensi kerja sistem kardiovaskular. Luangkanlah waktu untuk berolahraga minimal 15 menit setiap harinya. Kamu dapat melakukan beragam olahraga ringan, seperti lari di halaman rumah, yoga, dan olahraga yang lainnya.

3. Ganguan kesehatan

Kondisi ini tentu dapat membuat pengidapnya mudah lelah, termasuk juga mengantuk setelah makan atau bahkan mengantuk berlebihan. Beberapa gangguan keseahatan penyebab rasa kantuk setelah makan, seperti :

    • Penyakit diabetes
    • Anemia
    • Hipotiroidisme
    • Intoleransi makan
    • Sleep apnea (gangguan pernapasan saat tidur)

Bagi kamu yang kerap merasakan kantuk secara berlebihan dan saat setelah makan, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Sebab, bisa saja yang kamu rasakan tersebut menandakan adanya masalah kesehatan yang perlu ditangani.

Selain masalah kesehatan diatas, ada beberapa hal lainnya yang dapat meyebabkan rasa kantuk setelah makan, seperti :

    • Sering melewatkan sarapan
    • Kekurangan asupan zat besi
    • Kurang minum air putih
    • Sering mengonsumsi makan cepat saji

4. Perubahan aliran darah di otak

Perubahan aliran darah pada otak yang terjadi setelah makan juga menjadi penyebab munculnya rasa kantuk setelah makan. Setelah makan, aliran darah akan lebih banyak dialihkan ke saluran pencernaan agar tubuh dapat mengolah dan menyerap energi serta nutrisi dari makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Ketika hal tersebut terjadi, aliran darah pada otak akan sedikit berkurang dan menyababkan kamu sering menguap dan mengantuk guna mencukupi kebutuhan oksigen di otak. Hal ini sangat normal terjadi, bisanya hanya berlangsung dalam waktu singkat. Meski demikian, teori ini mesih perlu diteli lebih lanjut.

5. Pengaruh hormon selama proses pencernaan

Makanan dan minuman yang kamu konsumsi dan akan dicerna oleh lambung dan usus. Saat proses pencernaan berlangsung, tubuh akan melepaskan hormon tertentu seperti serotonin dan melatonin. Peningkatakan kedua hormon tersebut bisa menimbulkan rasa kantuk setelah kamu makan.

Makanan dan Minuman Pemicu Rasa Kantuk

Ternyata Ini Penyebab Ngantuk Setelah Makan, Simak Disini!
Ilustrasi Makanan | Image Source : istockphoto.com

Meskipun semua makanan dicerna dengan cara yang sama, namun tidak semua makanan mempengaruhi tubuh dengan cara yang sama. Sebab, ada beberapa jenis makanan yangjustru membuat kamu lebih mudah mengantuk setelah dikonsumsi.

Makanan tersebut umumnya makan tinggi protein, sepetrti telur, bayam, tahu, keju, kedelai, dan ikan yang mengandung asam amino triptofan. Asam amino triptofan ini digunakan oleh tubuh untuk memproduksi serotonin yang berperan penting terhadap rasa kantuk. Selain beberapa makanan di atas, ada beberapa makanan dan minuman lainnya yang juga menimbulkan rasa kantuk setelah makan.

1. Pisang

Siapa sih yang tidak tahu pisang? Hampir semua orang suka dengan buah satu ini. Namun tahukan kamu jika pisang dapat menyebabkan rasa kantuk? Pisang dianggap membuat rasa kantuk karena mengandung kalium dan magnesiumnya yang dapat melemaskan otot. Sehingga tubuh akan terasa lebih rileks dan memicu rasa kantuk.

2. Buah ceri

Buah ceri merupakan sumber alami melatonin yang sangat tinggi, sehingga dapat membuat kamu mudah ngantuk. Jika ingin mengonsumsi buah satu ini, sebaiknya konsumsi setelah makan malam dan sebisa mungkin hindari mengonsumsi pada siang hari.

3. Teh herbal

Salah satu teh herbal, yaitu Chamomile yang mengandung zat antioksidan yang disebut epigenin. Di dalam otak, epigenin berfungsi memicu respons otak yang mampu membuat kamu merasa lebih tenang.Hal inilah yang kemudian menyebabkan kamu ngantuk setelah meminumnya. Selain Chamomile, teh herbal lavender juga bisa menimbulkan rasa kantuk. Hal ini berkat aromanya yang menenangkan.

4. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol, seperti bir, anggur dan yang lainnya kerap digunakan untuk membatuagar bisa tidur. Minum beralkohol mungkin membantu tubuh merasa rileks dan lebih mudah untuk tidur. Namun tidur kamu justru mudah tergaganggu dan menyebabkan kamu merasa lelah atau tidak segar saat bangun.

Minuman beralkohol juga berdampak buruk bagi kesehatan. Mengonsumsi berlebihan dapat meningkat resiko gangguan hati, kanker, stroke, masalah jantung dan gangguan mental. Jadi lebih baik hindari minuman beralkohol agar tubuh menjadi sehat dan terhindar dari penyakita yang berbahaya.

5. Minuman berenergi

Tak sedikit orang yang mengosumsi minuman berenergi dengan alasan untuk menambah stamina atau energi. Padahal kenyataannya sebagian besar minuman berenergi dibuat dari kafein, asam amino esensial dan kadar gula yang tinggi. Mungkin awalnya dapat meningkatkan energi di tubuh kamu. Namun, efek tersebut hanya bersifat sesaat dan justru bisa membuat kamu merasa lelah dan mengantuk setelahnya.

***

Umumnya, mengantuk habis makan merupakan hal yang normal terjadi. Namun jika kamu kerap mengalaminya atau bahkan berlebihan, sebaiknya kosultasikan ke dokter. Rubahlah pola makan dan gaya hidup menjadi lebih sehat.

Sekian Penyebab Ngantuk Setelah Makan, semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk memahaminya. Tetap jaga kesehatan dengan perhatikan pola makan dan gaya hidup sehat. Simak berbagai informasi kesehatan lainnya hanya di Reseppedia Blog.

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka