Cara Mudah Mengatasi Anak Tidak Suka Makan Nasi

Cara Mudah Mengatasi Anak Tidak Suka Makan Nasi

Cara Mudah Mengatasi Anak Tidak Suka Makan Nasi – Di Indonesia, nasi merupakan makan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Nasi merupakan sumber energi dan karbohidrat untuk setiap orang, termasuk anak-anak. Banyak yang beranggapan “belum benar-benar makan jika belum makan nasi” seperti sudah tertanam di pikiran banyak orang di Indonesia. Oleh sebab itu,tak jarang para orang tua merasa khawatir jika anak-anaknya tidak suka makan nasi.

Nasi mengandung karbidrat dan serat, maka nasi menjadi sumber energi. Selain itu, nasi juga memiliki manfaat untuk kesehatan saluran pencernaan. Nasi juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti B1 dan B6, magnesium, fosfor, selenium dan mangan. Tentu kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Meskipun memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan anak, tidak semua anak suka mengonsumsi makanan pokok satu ini. Terkadang, anak kecil juga bisa merasakan bosan jika setiap hari harus mengonsumsi nasi, bukan berarti mereka tidak suka.

Terkadang rasa bosan membuat mereka enggan untuk makan nasi, sehingga membuat para orang tua khawatir dengan hal ini.

Baca juga : Pancake Sehat Untuk Anak-Anak

Jika si buah hati tidak mau makan nasi, jangan cepat khawatir atau panik, sebab hal ini biasa terjadi pada anak-anak. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberpa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi buah hati yang tidak mau makan nasi. Berikut kami akan berikan beberapa tips tersebut.

Cara Mengatasi Anak Tidak Suka Makan Nasi

Cara Mudah Mengatasi Anak Tidak Suka Makan Nasi
Ilustrasi Anak Tidak Mau Makan | Image Source : istockphoto.com

1. Tambahkan rasa

Rasa nasi sendiri memang cenderung hambar, dan tentunya ini juga bisa membuat si buah hati cepat bosan dan nafsu makan menurun. Untuk meningkatkan nafsu makannya, ada baiknya untuk menambahkan rasa pada nasi. Misalnya, mengganti air untuk memasak nasi dengan air kaldu atau santan. Ini tentu dapat meningkatkan nafsu makan anak- anak.

Selain itu, bisa juga menambahkan aroma wangi ke dalam nasi dengan menambahkan perasan jeruk nipis atau memasukan daun pandan dan bawang putih ketika menanak nasi. Cara ini kerap dilakukan dan dapat meningkatkan nafsu makan si buah hati.

2. Mengolah nasi dengan variatif

Selain cara di atas, cara satu ini juga bisa dilakukan untuk anak yang bosan makan nasi. Variatif dalam mengolah nasi, seperti membuat nasi uduk atau nasi kuning dengan pewarna makanan alami. Selain mewarnai nasi, membentuk nasi menjadi beraneka bentuk yang lucu juga bisa dilakukan untuk menggugah keinginan makan si buah hati untuk menyantapnya.

3. Ciptakan suasana menyenangkan saat makan

Hal satu ini penting untuk dilakukan, jangan jadikan waktu makan menjadi momen pertengkaran antara Ibu dan Anak. Ada baiknya perhatikan anak telebih dahulu sebelum makan, apakah ia benar-benar lapar atau tidak. Jika anak belum merasa lapar, mereka tidak akan mau menyentuh nasi atau menu makanan lainnya. Maka dari itu, tunggu si buah hati lapar agar ia mau menyantap makanan yang disediakan. Coba juga untuk makan bersama anak, siapa tahu makan bersama dapat meningkatkan nafsu makanannya.

4. Berikan sumber karbohidrat selain nasi

Jika beberapa cara diatas si buah hati masih tidak mau makan nasi, tidak perlu khawatir. Agar si buah hati tetap memperoleh energi, karbohidrat dan nutrisi lainnya, Ibu bisa memberikan ia beberpa makanan, seperti berikut ini :

  1. Ketang : Sama halnya seperti nasi, ketang juga kaya akan karbohidrat dan menyimpan nutrisi lainnya, seperti serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, serta asam folat. Kentang dapat diolah menjadi perkedel, kentang goreng, sebagai tambahan pada sop, atau bisa menjadi kentang panggang.
  2. Jagung : Jagung adalah salah satu sayuran yang kaya akan karbohidrat dan kerap digunakan sebagai pengganti nasi. Makanan satu ini juga menjadi sumber serat, vitamin C, magnesium dan sodium. Tentunya kandungan di dalam jagung sangat baik untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh.
  3. Oatmeal : Oatmeal merupakan sejenis gandum utuh yang banyak mengadung nutrisi penting, mulai dari karbohidrat, serat, protein, lemak sehat, hingga berbagai macam vitamin dan mineral, seperti vitamin B1,B2,B3,B5,B9, kalsium, magnesium, folat, fosfor, kalium, zar besi dan mangan. Ini menjadi pilihan baik untuk mengganti nasi, bisa diolah menjadi bubur dan beraneka toping, misalnya buah-buahan segar, madu, kacangan-kacangan, atau sayuran segar, daging dan telur.
  4. Singkong dan Ubi : Umbi-umbian seperti ubi dan singkong sudah sering dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Kedua jenis umbi ini sama-sama mengandung karbohidrat, serat  dan protein, sehingga bisa menjadi pengganti nasi yang baik. Bisa disajikan dengan merebus, kukus atau memanggangnya.

Jika anak tidak mau makan nasi, sebaiknya jangan sampai memberikan anak makanan yang tidak bernutrisi dengan tujuan “asal mau makan”. Usahakan untuk mencari cara agar kebutuhan nutrisi si buah hati tetap tetap terpenuhi. Jangan sampai memaksa anak makan, sebab ini bisa membuatnya trauma dan makin tidak ingin makan.

Sekian Cara Mudah Mengatasi Anak Tidak Suka Makan Nasi. Semoga bermanfaat dan dapat membantu para Ibu yang sedang bingung ketika anaknya tidak mau makan nasi. Simak berbagai artikel menarik lainnya seputar dunia Kesehatan hanya di Reseppedia Blog.

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka