Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit – Daya tahan tubuh memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan. Daya tahan tubuh atau sistem imunitas tubuh ini haruslah dijaga dengan baik agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Sitem imun ini melindungi sejak awal masuknya kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu, sangatlah penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, agar tubuh tetap kuat untuk mencegah serangan penyakit.

Di masa pandemi seperti saat ini contohnya, kita tentunya harus menjaga imunitas agar tidak terserang virus. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara meningkatkan sitem imunitas.

Baca juga : Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh ini. Mulai dari menerapkan pola hidup sehat hingga mengonsumsi suplemen. Berikut sudah kami rangkum cara meningkatkan imun tubuh di bawah ini.

Cara Meningkatkan Imunitas Dengan Lakukan Pola Hidup Sehat

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit
Ilustrasi Pola Hidup Sehat | Image Source : istockphoto.com

Agar imun tetap terjaga dan dapat bekerja dengan optimal untuk menghindari penyakit, baiknya kamu menerapkan pola hidup sehat. Ini tentunya wajib kamu lakukan agar tubuh kamu dapat terjaga dari ragam penyakit yang menyerang, terlebih pada masa pandemi seperti saat ini. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan dan menjaga sistem imun.

1. Rutin olahraga

Berolahraga tentunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Disarankan untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari. Ini bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Kamu bisa melakukan yang mudah seperti berjalan kaki pada pagi hari. Atau kamu juga bisa melakukan olahraga atau aktivitas fisik di dalam rumah.

2. Konsumsi sayur dan buah

Perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah sangat disarankan. Penelitian menyebutkan, orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut, cenderung tidak mudah sakit. Sebab, vitamin dan mineral yang terkadung dalam sayur dan buah ini mampu memperkuat sistem daya tahan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

3. Istirahat yang cukup

Bagi kamu yang suka begadang dan waktu tidurnya kurang, sebaiknya jangan begadang. Sebab, kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh lho. Istirahatlah dengan cukup, umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.

4. Hindari stress

Stress yang tidak terkendali ini dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Peningkatan hormon kortisol ini dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Maka dari itu, ada baiknya hindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

5. Hindari rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol tidak baik untuk kesehatan tubuh, sebab dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok memiliki risiko yang tinggi mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga mengonsumsi alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru juga akan semakin besar.

Suplemen Peningkat Imunitas Tubuh

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit
Ilustrasi Suplemen Peningkat Imun Tubuh | Image Source : istockphoto.com

Selain melakukan pola hidup sehat, kamu juga dapat mengonsumsi suplemen peningkat imun tubuh. Dengan mengonsumsi suplemen, nutrisi kamu akan terlengkapi. Jika kamu ingin mengonsumsi suplemen peningkat imun ini, seabiknya perhatikan juga kandungannya. Beberapa kandungan di bawah ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ialah :

1. Echinacea

Suplemen satu ini menjadi salah satu rekomendasi. Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, juga dipercaya bermanfaat sebagai antivirus, antiradang dan antioksidan. Maka dari itu, tumbuhan herbal ini dianggap baik untuk membantu tubuh melawan virus penyebab flu. Selain itu, Echinaceae juga bermanfaat untuk mendukung perbaikan jaringan tubuh dan pemulihan saat sakit, serta mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah.

Echinacea dapat diberikan sebagai salah satu langkah preventif maupun terapi tambahan pada penyakit selama pandemi Covid-19 untuk menjaga imun tubuh. Suplemen Echinacea dapat diberikan selama kurang lebih 8 minggu dengan dosis penggunaan sekitar 2-3 tablet sehari. Suplemen Echinacea yang dilengkapi dengan tambahan ekstrak elderberry dan zinc. Kombinasi suplemen ini dipercaya dapat mempercepat pemulihan dan mengurangi keparahan gejala flu.

2. Mengandung vitamin B6, C dan E

Suplemen yang mengandung vitamin B6, vitamin C, likopen dan vitamin E menjadi rekomendasi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ketiga vitamin ini dapat memberi manfaat bagi tubugh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih optimal.

3. Morinda citrifolia atau buah mengkudu

Buah mengkudu mengandung berbagai macam zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalium yang terkandung pada menghudu mampu meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh, serta memperbaiki kerusakan sel. Untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit jangtung, ginjal, atau liver, suplemen ini tidak disarankan mengonsumsi suplemen yang mengandung mengkudu. Untuk lebih jelas, alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

4. Phylantus atau daun meniran

Daun meniran dianggap mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan, meski memerlukan penelitian lebih lanjut. Misalnya kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun meniran, berfungsi melawan radikal bebas dan memperkuat sistem imun tubuh.

***

Menerapkan pola hidup sehat merupakan hal yang terpenting untuk kamu lakukan demi meningkatkan imun tubuh. Namun, pada beberapa kondisi kamu memang harus mengonsumsi suplemen peningkat imun yang perlu. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk lebih jelas, seperti masalah dosis.

Sekian Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk mengetahui cara meningkatkan imunitasn tubuh. Simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Reseppedia Blog.

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka