Mencegah Anak Terserang Penyakit Saat Cuaca Tidak Menentu Dengan Cara Ini

Mencegah Anak Terserang Penyakit Saat Cuaca Tidak Menentu Dengan Cara Ini

Mencegah Anak Terserang Penyakit Saat Cuaca Tidak Menentu Dengan Cara Ini! – Tubuh anak sangat rentan terserang penyakit. Terlebih saat cuaca tidak menentu, anak gampang terkena flu, batuk, pilek dan penyakit lainnya. Untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya ketahui langkah pencegahannya agar si kecil tidak gampang sakit.

Cuaca kurang bersahabat dan cenderung tidak menentu setiap harinya, ini membuat tubuh harus menyesuaikan diri dengan suhu sekitar dalam waktu cepat. Terlebih lagi, cuaca yang tidak menentu dapat mempengaruhi kualitas air yang kita gunakan sehari-hari.

Pada saat cuaca panas dan kering, air cenderung berubah menjadi lebih keruh. Udara yang kita hirup turut mengandung lebih banyak debu dan kotoran yang dapat memberikan efek buruk kepada tubuh. Sementara saat hujan, air cenderung lebih mudah terkontaminasi mikroorganisme jahat. Itulah yang menjadi alasan mengapa cuaca tidak menentu dapat membuat daya tahan tubuh melemah.

Cara Mencegah Anak Terserang Penyakit Saat Cuaca Tidak Menentu

Anak akan terlindungi dari virus, bakteri, jamur dan parasit ketika daya tahan tubunya sangat kuat. Agar daya tahan tubuh si kecil tetap tejaga dan dapat melawan berbagai penyakit, tentu ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Untuk itu, kami akan berikan beberapa cara mencegah anak terserang penyakit dan membuat daya tahan tubunya kuat.

1. Jaga kebersihan anak

Mencegah Anak Terserang Penyakit Saat Cuaca Tidak Menentu Dengan Cara Ini
Ilustrasi Mencuci Tangan | Image Source : istockphoto.com

Menjaga kebersihan si buah hati merupakan cara yang paling utama dan efektif untuk mencegah serangan berbagai penyakit. Mulailah untuk mengajari si kecil untuk memperhatikan kebersihan dirinya dengan mandi secara rutin, menggunakan alas kaki ketika keluar, dan menggunting kuku. Dengan ini, si kecil akan dapat terhindari dari serangan penyakit.

Bahkan tak hanya itu, wajib untuk mengajari anak mencuci tangan saat sebelum dan setelah makan, setelah menyentuh hewan atau benda, saat keluar dari toilet, serta saat setelah batuk atau bersin. Selain itu, Bunda juga harus menjaga kondisi rumah agar tetap bersih dari debu dan lembap, terutama pada kamar tidur dan ruang bermain anak.

2. Ajarkan anak berolahraga secara rutin

Mencegah Anak Terserang Penyakit Saat Cuaca Tidak Menentu Dengan Cara Ini
Ilustrasi Berolahraga | Image Source : shutterstock.com

Olahraga tidak hanya memfokuskan untuk kesehatan otot dan tulang, melainkan juga meningkatkan daya tahan tubuh anak. Maka dari itu, ajak anak untuk berolahraga secarta rutin berolahraga minimal 60 menit dalam sehari. Agar daya tahan tubuh anak tetap terjaga, terlebih pada situasi cuaca yang kurang bersahabat.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup dengan mengajak si kecil aktif bergerak. Misalnya dengan bermain basket, berenang, atau sekedar jogging pada pagi hari. Ini tentunya akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh mereka karena telah rutin berolahraga.

3. Berikan anak makanan bernutrisi

Mencegah Anak Terserang Penyakit Saat Cuaca Tidak Menentu Dengan Cara Ini
Buah dan Sayuran | Image Source : istockphoto.com

Makanan bernutri tentunya sangat penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak. Nutrisi dalam makanan dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh anak, terlebih pada cuaca yang tidak menentu. Jika si kecil masih bayi, maka pastikan ia mendapatkan ASI eksklusif.

Melainkan jika si buah hati sudah bisa makan, maka tetap pastikan asupan buah dan sayuran berwarna. Vitamin yang terkandung pada buah dan sayuran, seperti vitamin A dan E, memegang peranan penting dalam mencegah berbagai penyakit.

Selain buah dan sayuran, Bunda juga dapat memberikan susu sebagai tambahan nutrisi. Pilih susu yang memiliki kandungan nutrisi lengkap, mulai dari lemak, khususnya asam lemak omega-3 dan omega-6, protein, prebiotik, hingga vitamin dan mineral yang baik untuk daya tahan tubuh.

Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam susu ini telah terbukti dapat meningkatkan kekuatan sistem imun anak dalam mencegah penyakit. Selain itu, prebiotik seperti inulin, FOS dan GOS juga dipercaya dapat menghindartkan anak dari berbagai macam penyakit pencernaan.

Agar anak tidak bosan, maka cobalah untuk berkreasi dalam menyajikan makanan setap harinya. Bunda dapat mengombinasikan  berbagai jenis makanan sehat. Namun, pastikan kebersihan bahan makanan, air untuk memasak, peralatan masak, dan alat makan si buah hati. Pastikan sumber air minum serta air untuk mandi dan mencuci dirumah terjaga kebersihannya.

4. Pastikan waktu tidur anak cukup

Mencegah Anak Terserang Penyakit Saat Cuaca Tidak Menentu Dengan Cara Ini
Ilustrasi Tidur | Image Source : istockphoto.com

Kualitas tidur yang buruk dapat menurunkan produksi sitokin yang berperan sebagai penangkal infeksi dan radang. Maka dari itu, pastikan si kecil tidur dengan cukup. Waktu tidur ideal untuk anak berusia 3-5 tahun adalah 10-13 jam per hari. Sedangkan untuk anak berusia 6-13 tahun adalah 9-11 jam per hari. Jadi selalu pastikan waktu tidur anak cukup pada usianya.

***

Sekian Mencegah Anak Terserang Penyakit Saat Cuaca Tidak Menentu Dengan Cara Ini. Semoga bermanfaat dan dapat membantu untuk menjaga kesehatan anak saat cuaca tidak menentu. Simak berbagai artikel menarik lainnya seputar kesehatan hanya di Reseppedia Blog.

Terima kasih telah membaca, semoga sehat selalu.

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka

Terbaru

Kategori