Simak Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat Yang Wajib Dihindari

Simak Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat Yang Wajib Dihindari

Simak Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat Yang Wajib Dihindari – Penyakit asam urat, mungkin sudah tidak asing lagi. Penyebab penyakit ini biasanya karena kandungan purin yang tinggi, sehingga perlu dihindari oleh penderitanya sendiri. Namun tak banyak yang tahu apa saja makanan yang mengandung purin tinggi. Untuk itu, kami akan jelaskan makanan dan minumam yang dapat memicu asam urat berikut ini.

Apa itu asam urat?

Asam urat atau Gout  adalah penyakit radang pada sendi yang disebabkan oleh penumpukan asam urat atau uric acid, alias produk yang dihasilkan  tubuh ketika memecah zat purin menumpuk di persendian. Purin merupakan salah satu jenis protein yang dapat ditemukan dalam tubuh dan makanan.

Normalnya, asam urat akan larut dalam darah lalu keluar bersama urin. Namun, terkadang tubuh atau ginjal hanya dapat melepaskan asam urat ke urin dalam jumlah sedikit. Oleh sebab itu, asam urat menumpuk dan membentuk kristal pada persendian dan mengililingi jaringan sehingga menyebabkan nyeri, peradangan dan pembengkakan.

Makanan Penyebab Asam Urat

1. Jeroan

Simak Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat Yang Wajib Dihindari
Ilustrasi Makanan Jeroan | Image Source : Shutterstock.com

Apa kamu salah satu orang yang suka mengonsumsi jeroan, termasuk hati, ginjal, jantung, limpa, otak, babat, urus dan paru?

Jeroan dan makanan oran lainnya merupakan jenis makanan yang memicu terjadinya asam urat. Sebab, makanan-makanan tersebut memiliki kandungan zat purin yang cukup tinggi.

2. Makanan laut (Seafood)

Simak Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat Yang Wajib Dihindari
Ilustrasi Seafood | Image Source : Pexels.com

Makanan laut juga dapat menyebabkan asam urat. Meski seafood memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, sebaiknya hindari mengonsumsinya apabila kadar asam urat sudah cukup tinggi. Beberapa jenis makanan penyebab asam urat dari jenis makanan laut, seperti ikan sarden, ikan makarel, teri, ikan trout.

Selain jenis tersebut, baiknya kamu hindari juga hidangan laut, seperti kepiting dan kerang. Semua jenis makanan tersebut mengandung zat purin yang cukup tinggi sehingga menjadi penyebab asam urat. Jika ingin mengonsumsi makanan laut, carilah yang mengandung purin rendah. Seperti udang, lobster dan tiram yang mengandung purin rendah. Meski demikian, tetap batasi porsi dengan tidak mengonsumsi secara berlebihan.

3. Daging merah

Simak Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat Yang Wajib Dihindari
Ilustrasi Daging | Image Source : Pexels.com

Daging merah merupakan jenis makanan penyebab asam urat. Macam-macam daging merah yang mengandung purin dengan kadar sedang, seperti daging sapi, domba dan babi. Ragam daging tersebut juga bisa menjadi penyebab asam urat. Selain itu, daging ayam dan daging bebek juga termasuk jenis makanan yang mengandung purin sedang.

Kamu dapat mengonsumsi makanan dengan jenis daging tersebut, tetapi sebaiknya batasi porsinya agar tidak berlebihan. Untuk memenuhi kebutuhan akan protein pada penderita asam urat, kamu bisa mengonsumsi makanan yang berasal dari protein nabati dari kedelai, seperti tempe dan tahu.

4. Beberapa sayur-sayuran

Beberapa sayuran memiliki kandungan zat purin. Kamu tetap bisa mengonsumsinya, tapi dengan porsi yang terbatas. Beberapa jenis sayuran mengandung purin dan menjadi penyebab asam urat, seperti asparagus, kembang kol, bayam dan buncis.

5. Kacang-kacangan

Simak Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat Yang Wajib Dihindari
Ilustrasi Kacang | Image Source : Pexels.com

Kacang-kacangan serta polong memiliki kandungan purin yang sedang. Misalnya, kacang merah, kacang polong, kedelai dan kacang hijau.

6. Makanan Berlemak

Simak Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat Yang Wajib Dihindari
Ilustrasi Makanan Berlemak | Image Source : Pexels.com

Makanan berlemak menjadi salah satu pantangan penderita asam urat, sebab ini termasuk makanan yang menyebabkan asam urat tinggi. Sebagian besar makanan berlemak dapat memicu kenaikan berat badan berlebih. Ketika seseorang kelebihan berat badan atau obesitas, tubuh mereka menghasilkan lebih banyak insulin.

Peningkatan kadar insulin yang berlebihan dapat mengganggu kerja ginjal untuk membuang asam urat. Pada akhirnya, asam urat yang tidak terbuang akan menumpuk dan mengendap sampai membentuk kristal di persendian.

Maka, semakin berat tubuh anda, akan semakin sulit tubuh anda menghilangkan asam urat. Peningkatan kadar penyakit ini akan menyebabkan munculnya serangan akut yang terjadi secara mendadak.

Minuman Penyebab Asam Urat

Selain makanan, ada beberapa minuman loh yang dapat menyebabkan terjadinya asam urat. Berikut jenis minuman penyebab asam urat :

1. Minuman manis

Simak Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat Yang Wajib Dihindari
Ilustrasi Minuman Manis | Image Source : Pexels.com

Minuman manis nyatanya dapat meyebabkan kambuh pada penderita sakit ini. Kondisi ini umum terjadi pada orang dewasa yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Pasalnya rasa manis tersebut berasal dari gula jenis fruktosa yang merangsang produksi asam urat lebih banyak. beberapa jenis minuman tersebut adalah sebagai berikut,

  • Minuman bersoda
  • Minuman Berenergi
  • Aneka jus buah
  • Minuman yang mengandung konsentrat buah-buahan
  • Air lemon manis
  • Es teh manis

2. Minuman beralkohol

Simak Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat Yang Wajib Dihindari
Ilustrasi Minuman Beralkohol | Image Source : Pexels.com

Segala jenis minuman alkohol tidak baik untuk penderita asam urat, sehingga dapat meningkatkan resiko asam urat dan memperbutuk gejalanya. Saat minum alkohol, organ ginjal akan bekerja keras untuk menghilangkan alkohol dibandingan asam urat. Akibatnya, asam urat akan menumpuk dalam tubuh sehingga memicu penyakit menjadi kambuh. Menurut hasil penelitian, beberapa jenis alkohol yang dapat meningkatkan resiko asam urat, termasuk bir, wine dan liquor.

Cara Menurunkan Risiko Asam Urat

Menghindari makanan penyebab asam urat menjadi satu kunci untuk mengurangi risiko kekambuhan penyakit ini. Namun, ada cara lain yang dapat menurunkan risiko asam urat selain menghindari makanan penyebabnya.

Ada beberapa cara untuk menurunkan resiko penyakit satu ini, antara lain :

  • Memperbanyak minum cairan
  • Meningkatkan asupan  produk susu rendah lemak
  • Meningkatkan asupan sayuran dan buah-buahan
  • Melakukan olahraga secara rutin
  • Menghindari konsumsi makanan olahan
  • menurunkan berat badan, apabila kamu mengelami kelebihan berat badan.

Jika sudah mengindari makanan penyebab asam urat, namun masih kerap kembuh, Maka sebaiknya kamu segera konsultasikan dengan dokter. Dengan begitu, dokter akan memberikan pilihan lain, seperti pemberian obat-obatan untuk menurunkan risiko penyakit asam urat.

Sekian artikel Simak Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat Yang Wajib Dihindari. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk mengetahui makanan dan minuman yang menyebabkan asam urat. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya seputar kesehatan hanya di Reseppedia Blog.

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka