Jenis Makanan Penambah Sperma Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

Jenis Makanan Penambah Sperma Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

Jenis Makanan Penambah Sperma Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan – Rendahnya jumlah sperma tentu dapat mempengaruhi kesuburan. Oleh karena itu, baiknya kamu mengonsumsi makanan penambah sperma untuk meningkatkan produksi sperma yang berkualitas. Simak terus artikel berikut untuk mengetahui makanan apa saja yang dapat menambah sperma untuk meningkatkan kesuburan.

Menjadi penentu kesuburan dari seorang pria, jumlah dan kualitas sperma tentu harus sehat. Normalnya, sperma yang sehat ditandai dengan air mani yang kental dan berwarna putih keabu-abuan. Selain itu, air mani yang sehat itu seharusnya lebih dari 2 ml ketika keluar.

Meski begitu, volume air mani yang keluar terlalu banyak juga tidak selalu berarti baik. Ini tentunya menunjukan kondisi sperma yang terlalu encer. Sperma yang encer ini tentunya menjadi salah satu tanda tubuh memperoduksi sperma dengan jumlah yang rendah.

Penyebab Jumlah Sperma Sedikit

Jenis Makanan Penambah Sperma Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan
Meningkatkan Sperma Dengan Berolahraga | Image Source : Shutterstock.com

Hal satu ini penting untuk kamu ketahui, agar kamu dapat mengetahui penyebab jumlah sperma sedikit. Untuk itu, kami akan berikan beberapa hal yang dapat menyebabkan produksi dan kualitas sperma menurun, sebagai berikut :

  • Kegemukan
  • Kebiasaan merokok
  • Konsumsi minuman beralkohol
  • Penggunaan narkoba
  • Stress
  • Paparan radiasi
  • Kebiasaan yang dapat meningkatkan suhu testis, seperti kerap menggunakan celana ketat dan sering berendam di air panas.

Selain hal-hal diatas, produksi dan kualitas sperma juga dapat menurun karena berbagai masalah kesehatan pada organ intim. Contohnya, Varikokel, Infeksi Testis dan Epididimitis.

4 Jenis Makanan Penambah Sperma 

Jenis Makanan Penambah Sperma Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan
Ilustrasi Makanan Sehat | Image Source : Shutterstock.com

Biasanya, orang yang merasa bahwa jumlah sperma yang dihasilkannya sedikit, akan merasa khawatir. Nah, untuk kamu yang merasakan hal seperti ini, jangan khawatir lagi ya. Karena kamu bisa mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi sperma yang berkualitas. Berikut ini adalah empat jenis makanan yang dapat menambah sperma dan meningkatkan kesuburan pada pria.

1. Makanan dengan kandungan Antioksidan tinggi

Menogonsumsi makanan yang tinggi kandungan antioksidan bermanfaat untuk menambah jumlah sperma sekaligus meningkatkan pergerakannya. Sebuah penelitian menunjukan bahwa beberapa jenis antioksidan, seperti vitamin C dan vitamin E mampu mengurangi kerusakan DNA pada sperma.

Kamu dapat mengonsumsi sayur dan buah-buahan, seperti anggur, strawberry, jeruk, bayam, brokoli dan wortel untuk mendapatkan antioksidan. Selain itu, kacang dan makanan yang terbuat dari biji-bijian untuh juga merupakan sumber antioksidan yang baik untuk menambah sperma.

2. Makanan yang memiliki kandungan Asam Folat

Penelitian menyebutkan bahwa pria yang kekurangan asam folat atau vitamin B akan lebih sulit untuk menghasilkan sperma yang sehat dan berkualitas. Maka dari itu, untuk dapat meningkatkan produksi sperma yang sehat, disarankan untuk memenuhi sekitar 400 mikrogram asupan asam folat harian dari beberapa jenis makanan.

Makanan yang memiliki asam folat tinggi, seperti sayur hijau, kacang-kacangan, serta buah buahan sitrus seperti lemon, jeruk mandarin dan jeruk nipis. Itulah beberapa makanan yang memiliki asam folat tinggi dan baik untuk kamu konsumsi.

3. Makanan dengan kandungan Zinc

Zinc adalah mineral esensial yang berperan penting dalam fungsi reproduksi pria. Kandungan satu ini mampu meningkatkan kadar hormon testeron, mencegah kerusakan sperma dan melindungi sperma dari serangan bakteri. Sebaliknya, jika kamu kekurangan asupan zinc maka akan menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan, seperti penyusutan testis, pengurangan produksi sperma yang sehat hingga hipogonadisme.

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung zinc, seperti daging sapi, makanan laut, telur dan kacang-kacangan. Makanan tersebut dapat menambah jumlah sperma sekaligus mencegah berbagai masalah kesehatan dari organ intim akibat defisiensi zinc.

4. Makanan dengan kandungan Selenium

Selenium sendiri merupakan salah satu mineral yang bekerja layaknya antioksidan. Dengan inilah selenium diyakini bermanfaat untuk menambah jumlah sperma dan meningkatkan kesuburan pada pria. Untuk mendapatkan manfaat dari selenium, kamu disarankan mengonsumsi beberapa jenis makanan, seperti ikan sarnden, ikan tilapia, ikan tuna, daging sapi, daging ayam, nasi merah. telur dan bayam.

Nah itu tadi adalah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan produksi sperma pada pria. Selain mengonsumsi makanan diatas, ada baiknya kamu juga menjalani pola hidup sehat dengan berolahraga secara rutin, menghindari stress dan mecukupi waktu tidur untuk menjaga dan memperbaiki kualitas sperma.

Jika kamu mengalami masalah dengan kesuburan atau jumlah sperma yang tak kunjung meningkat meski telah mengonsumsi beragam makanan penambah sperma, sebaiknya langsungng kosultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sekian Jenis Makanan Penambah Sperma Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk mengetahui jenis makanan penambah sperma. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik seputar kesehatan lainnya hanya di Reseppedia Blog.

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka