Ketahui Mana Yang Bikin Cepat Gemuk, Mie Instan atau Nasi?

Ketahui Mana Yang Bikin Cepat Gemuk, Mie Instan atau Nasi?

Ketahui Mana Yang Bikin Cepat Gemuk, Mie Instan atau Nasi? – Mie instan menjadi salah satu makanan yang digemari oleh semua kalangan. Mie kerap dijadikan sebagai pengganti makanan pokok, yaitu nasi. Banyak yang beranggapan bahwa mie tidak terlalu menyengangkan dan tidak membuat gemuk. Bagaimana pendapat kalian tentang anggapan tersebut?

Banyak yang belum mengetahui jumlah kalori dari kedua makanan ini. Untuk itu, sebaiknya kamu ketahui jumlah kalori dari kedua makanan tersebut untuk dapat memastikan manakah makanan yang dapat membuat kamu cepat gendut. Pada 1 bungkus sajian mie instan atau setara dengan 35-40 gram, dengan kandunga kalori sekitar 190-200 kalori. Sedangkan, jumlah kalori dalam nasi putih dengan porsi yang sama hanyalah sekitar 45-50 kalori.

Mie Instan dan Nasi

Dari perbandingan di atas, dapat disimpulkan bahwa jumlah kandungan kalori mie instan hampir 5 kali lipat lebih banyak dari nasi. Dengan jumlah kalori yang tinggi, ini berarti mie instan dapat membuat tubuh anda cepat gemuk dibandingkan dengan nasi.

Jika menyajikan mie, tentu saja kamu akan menyajikannya dengan tambahan beberapa bahan lainnya, seperti sosis, keju atau yang lainnya. Dengan berbagai komponen tambahan tersebut, kalori juga akan ikut bertambah. Begitu juga ketika kamu mengonsumsi nasi dengan mie instan sebagai lauk, tentunya kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih banyak.

Ketahui Mana Yang Bikin Cepat Gemuk, Mie Instan atau Nasi?
Ilustrasi Mie Instan | Image Source : Shutterstock.com

Di Indonesia, kebiasaan menjadikan mie instan sebagai lauk nasi merupakan hal yang sudah lumrah. Tentunya hal ini tidak disarankan, karena asupan kalori yang berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Selain tinggi kalori, mie instan juga rndah nutrisi, seperti protein, vitamin dan mineral. Jika dikonsumsi terlalu sering tanpa tambahan makanan sehat lainnya, mie instan bisa menyebabkan tubuhmu kekeruangan nutrisi.

Batasi Konsumsi Mie Instan dan Nasi

Mengapa kita harus membatasi konsumsi dari kedua makan ini? tentunya demi kesehatan tubuh. Mie instan pada umumnya mengandung banyak karbohidrat, lemak, serta sodium atau MSG. Jika ini dikonsumsi berlebihan, tentunya akan dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, stroke, jantung dan maslah pada ginjal.

Nasi putih juga demikian. Menurut riset, mengonsumsi nasi putih terlalu banyak bisa meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes. Terlebih jika diikuti dengan pola makan tinggi gula dan jarang berolahraga. Inilah yang menjadi alasan kenapa kamu harus membatasi mengonsumsi kedua dan tetap mengonsumsi makanan bernutrisi.

Sebenarnya, jika dikonsumsi sesuai dengan porsi yang baik dan diikuti dengan pemenuhan gizi yang seimbang, mie instan dan nasi pada umunya tidak akan berdampak pada kesehatan. Namun, jika kamu memiliki kebiasaan mengonsumsi mie dan sulit untuk mengatur porsi nasi, terutama jika sudah membuat berat badanmu naik, sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi.

Sekian artikel Ketahui Mana Yang Bikin Cepat Gemuk, Mie Instan atau Nasi?. Semoga bermanfaat dan membantu kamu untuk mengetahui makanan yang dapat membuat gemuk. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya seputar makanan dan kesehatan hanya di Reseppedia Blog. Follow juga Instagram @reseppediacom untuk mendapatkan informasi seputar resep makanan enak.

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka