Kandungan Makanan Yang Dapat Mencegah Depresi

Kandungan Makanan Yang Dapat Mencegah Depresi

Kandungan Makanan Yang Dapat Mencegah Depresi –Depresi merupakan ganguan suasana hati yang ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam dan rasa tidak peduli. Seseorang dinyatakan mengalami hal ini jika telah 2 minggu merasakan sedih, putuh harapan dan tidak berharga. Tentunya hal satu ini ssudah tidak asing lagi ditelinga anda, atau bahkan anda pernah mengalaminya. Nah, tahukah anda jika ada beberapa makanan yang dapat mencegah depresi? Hal ini cukup penting untuk anda ketahui.

Studi membuktikan bahwa pola makan yang sehat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Ini dikarenakan makanan apa yang anda makan, tentunya akan dapat mempengaruhi kinerja sel tubuh, sistem kekebalan tubuh, dan bagaimana tubuh merespon stress.

Fakta Penelitian Terhadap Makanan Pencegah Stress

Sistem pencernaan manusia, tak hanya berperan mengolah dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman. Melainkan, dapat pula mempengaruhi emosi. Tubuh mengelola suasana hati yang dibantu 95% oleh hormon serotonin, diproduksi pada saluran pencernaan yang dikelilingi jutaan sel saraf.

Serotonin sendiri merupakan salah satu zat yang menghasilkan emosi bahagia atau senang. Selai itu, serotonin juga berperan sebagai pengurang rasa sakit dan pengatur waktu tidur, serta mengatur nafsu makan. Maka dari itu, apapun yang anda makan tentunya dapat mempengaruhi suasana hati, kondisi mental dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menurut penelitian, rutin mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah, daging tanpa leman, ikan dan gandum utuh, dapat menurunkan resiko depresi hingga 25-35%. Ini tentunya lebih baik daripada mengonsumsi makanan kemasan yang rendah nutrisinya. Mengonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan yang terbuat dari gula olahan dan lemak jenuh akan berdampak negatif pada otak.

Kandungan Makanan Mencegah Depresi

Kandungan Makanan Yang Dapat Mencegah Depresi
Ilustrasi Makanan Sehat | Image Source : Shutterstock.com

Untuk itu, kami akan memberikan beberapa kandungan dalam amakan yang dapat menjaga kesehatan mental dan mencegah depresi.

1. Vitamin B12

Vitamin B12 dipercaya dapat mengurangi peradangan pada jaringan tubuh, termasuk di otak, serta dapat menurunkan resiko demensia dan depresi. Makanan yang mengandung vitamin ini meliputi telur, ayam, hati sapi, dan juga sereal yang sudah diperkaya dengan vitamin B12.

2. Asam Folat

Asam folat atau Vitamin B9 yang “kurang” berhubungan suasana hati yang buruk. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan sumber asam folat, seprti sayuran hijau, buah jeruk, kacang-kacangan, roti, nasi dan sereal.

3. Zinc

Seng (Zinc) tentunya dapat membantu memperkuat respons tubuh terhadap stress dengan mengurangi depresiu. Banyak terkandung pada makanan laut, seperti kerang, lobster dan kepiting. Tak hanya itu, zinc juga terkandung pada daging ayam, sapi, kacang merah dan kacang almond.

4. Probiaotik

Banyak terkandung pada makanan dan minuman fermentasi, seperti yoghurt, kefir dan kimchi. Diyakini dapat meredakan depresi, stress dan rasa cemas, karena kandungan bakteri baik probiotik di dalamnya.

5. Omega-3

Asam lemak Omega-3 banyak terkandung dalam ikan, seperti salmon dan makarel yang berperan dalam menjaga fungsi otak. Selain itu, nutrisi ini juga dapat membantu mencegah peradangan. Berpengaruh juga terhadap pengantaran hormon serotonin dan dopamin dalam tubuh.

6. Vitamin D

Vitamin satu ini terkenal dapat menguatkan tulang dan gigi serta daya tahan tubuh.Selain itu, Vitamin D juga diketahui berperan dalam mencegah dan menringankan depresi. Nutrisi alami diperoleh dari sinar matahari atau makanan tertentu, seperti ikan, jamur, susu, telur, kedelai, hati sapi, dan keju. Selain itu, vitamin D juga dapat diperoleh melalui suplemen.

7. Magnesium

Berbagai studi menyatakan bahwa kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami depresi dan gangguan kecemasan. Maka dari itu, magnesium dapat dikonsumsi sebagai salah satu kandungan makanan atau suplemen yang dapat mencegah dan meringankan depresi. Magnesium ini banyak ditemukan secara alami pada sayuran, ikan, susu, dan kacang-kacangan, seperti kedelai, kecang merah dan almond.

Selain beberapa makanan diatas, tentunya anda harus mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan. Antioksidan diketahui baik untuk memelihara kesehatan otak dan mengurangi risiko terjadinya depresi.

Perlu anda ingat, bahwa mengonsumsi makanan pencegah depresi bukan berarti dapat menggantikan tindakan penanganan yang seharusnya diberikan dokter. Bila anda kerap mengalami stress atau mengalami gejala-gejala depresi, segeralah berkonsultasi dengan dokter atau psikolog agar mendapatkan penanganan.

Sekian artikel Kandungan Makanan Yang Dapat Mencegah Depresi untuk anda. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda untuk mengetahui cara mencegah depresi dengan makanan sehat. Jangan lupa untuk simak juga berbagai artikel menarik lainnya hanya Reseppedia Blog.

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka