10 Menu Diet Sehat Agar Tubuh Selalu Bugar

10 Menu Diet Sehat Agar Tubuh Selalu Bugar

10 Menu Diet Sehat Agar Tubuh Selalu Bugar – Pada dasarnya, diet merupakan pola makan, cara dan jenis makanan diatur. Diet adalah suatu hal yang penting dilakukan guna menghindari resiko penyakit dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, diet juga bertujuan untuk mencapai dan menjaga berat badan yang terkontrol dan seimbang. Dengan menjaga berat badan yang seimbang, makan makanan bernutrisi, serta berolahraga, sehingga otak akan tetap aktif dan menjalankan fungsinya dengan baik.

Tentu saat diet kamu harus menjaga dan mengatur pola makan dengan baik. Ada beberapa menu makanan diet sehat agar tubuh selalu bugar yang perlu kamu ketahui. Mengingat, diet bukanlah perkara yang mudah dan harus berkomitmen dengan dirimu sendiri.

Agar kamu tetap bugar dan tidak lemas ketika menjalankan program diet, ada baiknya kamu ketahui beberapa menu makanan sehat untuk diet.

Menu Diet Sehat Agar Tubuh Selalu Bugar

Banyak orang yang kebingungan dalam menentukan menu diet yang sehat, mungkin kamu salah satu orangnya. Tenang saja, kami akan berikan 10 menu diet sehat yang akan membuat tubuh kamu selalu bugar dan semangat dalam menjalani aktivitas. Yuk simak beberapa menunya di bawah ini.

  1. Dada ayam kukus

10 Menu Diet Sehat Agar Tubuh Selalu Bugar
Ilustrasi Dada Ayam Kukus | Image Source : istockphoto.com

Dada ayam kukus sangat baik di konsumsi saat kamu mengikuti program diet. Konsumsi dada ayam tanpa kulit agar dietmu sukses. Masak resep ayam ini dengan cara di kukus atau rebut dengan sedikit garam dan merica. Selain itu, dada ayam juga dapat kamu masak dengan di panggang dalam oven atau di bakar.

  1. Sayuran rebus atau kukus

10 Menu Diet Sehat Agar Tubuh Selalu Bugar
Ilustrasi Sayur Rebus | Image Source : istockphoto.com

Menu diet sehat selanjutnya adalah sayuran rebus. Menu satu ini sangat bagus untuk kamu konsumsi setiap hari. Beberapa sayuran, seperti brokoli, wortel, buncis, jagung mudah dan yang lainnya. Jika kamu bosan, variasikan jenis-jenis sayuran setiap harinya. Ini merupakan menu makanan yang sehat dan cocok untuk kamu yang sedang menjalankan program diet.

  1. Kentang panggang dan Mashed Potato

10 Menu Diet Sehat Agar Tubuh Selalu Bugar
Ilustrasi Mashed Potato Kukus | Image Source : istockphoto.com

Saat diet, kamu juga perlu mengonsumsi karbohidrat pengganti nasi. Salah satu makanan pengganti nasi ialah kentang, ketang merupakan salah satu jenis karbohidrat yang bisa kamu jadikan pilihan. Kamu bisa mengonsumsi kentang yang di panggang atau menjadikannya mashed potato yang tak kalah nikmat. Jika kamu ingin membuat mashed potato, caranya tumbuk kentang kukus, lalu bumbui dengan mentega dan sedikit merica serta garam.

  1. Telur rebus

Ilustrasi Telur Rebus | Image Source : istockphoto.com

Tak ketinggalan menu satu ini, salah satu makanan yang sering dikonsumsi setiap orang yang melakukan program diet, apa lagi kalau bukan telur kukus. Cara membuatnya sangat gampang, hanya dengan mengukus telur hingga matang. Telur juga sangat bagus, sebab telur merupakan makanan sumber protein.

  1. Sayur urap

10 Menu Diet Sehat Agar Tubuh Selalu Bugar
Ilustrasi Mashed Potato Kukus | Image Source : pinterest.com

Menu satu ini merupakan makanan tradisional yang rendah kaolori namun dapat mengenyangkan. Sayur urap tentunya sangat nikmat, terlebih jika kamu tambahkan potongan dada ayam rebus. Selain nikmat, cara membuatnya juga mudah dan bahan-bahannya mudah ditemukan.

  1. Sup ayam sayuran

10 Menu Diet Sehat Agar Tubuh Selalu Bugar
Ilustrasi Sup Sayur | Image Source : istockphoto.com

Sup ayam juga bisa kamu jadi pilihan sebagai menu sehat saat diet. Makin nikmat lagi jika kamu membuat racikan kaldu sup dari tulang ayam dan tambahan sayuran. Sup ini sangat cocok untuk kamu yang sedang diet dan ingin menikmati makanan berkuah. Ingat, buat sup ayam sayuran tanpa kulit ayam ya, agar dietmu sukses.

  1. Pepes tahu dan tempe

Ilustrasi Pepes Tahu | Image Source : istockphoto.com

Tahu dan tempe adalah makanan yang kaya akan protein dan mudah ditemukan di pasar. Makanan satu ini bisa olah menjadi berbagai makanan, salah satunya pepes. Pepes tahu dan tempe ini sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalankan program diet sehat. Kamu bisa menambahkan daun kemangi untuk menambah kenikmatan rasa dari pepes tahu dan tempe ini.

  1. Salad sayuran

Ilustrasi Salad | Image Source : istockphoto.com

Salad sayuran tentunya selalu menjadi pilihan ketika melakukan program diet. Sajikan salad dengan dressing berbahan dasar minyak zaitun. Hindari menyajikan salad dengan dressing mayones karena akan menggalkan diet. Pilih sayuran, seperti selada keriting, selada iceberg, tomat, mentimun atau jagung rebus.

  1. Ikan salmon

10 Menu Diet Sehat Agar Tubuh Selalu Bugar
Ilustrasi Ikan Salmon | Image Source : istockphoto.com

Ikan salmon mengandung protein dan asam lemak omega-3. Protein ini baik untuk sumber energi, sementara asam lemak omega-3 baik untuk mencegah peradangan dan obesitas. Menu satu ini juga sering disantap saat sedang melakukan program diet sehat.

  1. Oatmeal

Ilustrasi Oat Meals | Image Source : istockphoto.com

Oat dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang bisa di makanan saat seorang sedang diet. Dalam ½ cangkir atau sekitar 40 gram oat, terdapat 148 kalori. Tak hanya rendah kalori, oatmeal juga mengandung 5,5 gram protein dan 3,8 gram serat, serta memiliki indeks hlikemik rendah.

Kandungan protein, magnesium, fosfor dan vitamin B1 dalam oatmeal juga berfungsi untuk menghasilkan energi. Selain membantu menurunkan berat badan, oatmeal juga dapat membandu menjaga kadar kolesterol serta gula darah agar tetap normal. Oatmeal bisa jadi pilihan yang tepat untuk sarapan.

Sekian 10 Menu Diet Sehat Agar Tubuh Selalu Bugar. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang bingung menentukan menu sehat saat diet. Simak berbagai artikel menarik lainnya seputar kesehatan hanya di Reseppedia Blog.

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka