Manfaat Zaitun Bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Manfaat Zaitun Bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Manfaat Zaitun Bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya – Tahukah anda buah zaitun? salah satu buah yang memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berukuran kecil dan cenderung memiliki rasa pahit. Biasanya buah satu ini biasanya diolah menjadi minyak di beberapa negara. Tentunya minyak olahan zaitun ini digunakan untuk memasak, perawatan kulit, dan menutrisi rambut.


Tak hanya olahan minyaknya yang bermanfaat, beragam olahan makanan yang menggunakan buah zaitun juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat yang diberikan, seperti meningkatkan kesehatan jantung, mencegah resiko kanker, mendukung kepadatan tulang, dan mengontrol kolesterol jahat.

Perlu anda ketahui bahwa, sekitar 120 kalori dan 10 gram lemak terkandung dalam 100 gram buah zaitun. Meskipun terbilang tinggi kandungan lemaknya, sebagian dari lemak buah ini merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan.

Baca juga : 10 Menu Diet Sehat

Selain itu, buah satu ini juga kaya akan nutrisi penting, seperti vitamin E, natrium, kalsium dan zat besi. Tentunya semua kandungan nutrisi yang dimiliki buah zaitun dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Zaitun Bagi Kesehatan

Manfaat Zaitun Bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya

1. Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin E dalam buah zaitun dipercaya mampu meningkatkan kesehatan kulit, daya tahan tubuh, dan mata. Bahkan tak hanya itu, kandungan vitamin E juga dipercaya dapat mencegah beragam penyakit berbahaya, seperti kanker, penyakit jantung, katarak, bahkan penyakit Alzheimer.

2. Menguatkan tulang

Buah zaitun mengandung kalsium yang cukup tinggi di dalamnya, sehingga mengonsumsi buah ini diyakini dapat membantu memperkuat dan memelihara tulang.

3. Menjaga kecukupan cairan tubuh

Buah zaitun mengandung natrium yang dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, natrium juga dapat menjaga tekanan darah normal. Meskipun begitu, mengonsumsi natrium terlalu banyak justru dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

4. Mencegah penyakit kanker

Mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, sebesar 11-15%. Asam lemak tak jenuh tunggal yang melimpah di buah zaitun ialah asam oleat. Zat satu ini mempu mengurangi pembengkakan, menurunkan resiko penyakit jantung, dan dapat melawan kanker.

5. Membantu pembentukan sel darah

Buah zaitun mengandung zat besi yang dipercaya dapat membantu tubuh dalam,

  • Membentuk hemoglobin
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • kekuatan otot
  • Daya konsentrasi

Cara Mengolah Buah Zaitun

Manfaat Zaitun Bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya
Ilustrasi Mengolah Zaitun Menjadi Salad | Image Source : Shutterstock.com

Buah satu ini kerap diolah menjadi sajian salad, termasuk minyak zaitun. Dengan tembahan berbagai sayur dan buah, yang tentunya akan mengandung banyak nutri dan baik untuk kesehatan tubuh. Untuk itu, kami akan berikan anda satu resep salad menggunakan buah dan minyak zaitun. Penasaran? Yuk simak dibawah ini resepnya.

Bahan

  • 3 buah zaitun (sesuai selera)
  • 2 sdm kismis
  • 2 buah tomat
  • Selada air (sesuai selera)
  • Sosis (sesuai selera)
  • 1 buah nanas madu
  • 1 buah apel
  • Segengam kecambah alfalfa
  • 1 sdm air perasan lemon
  • 3 sdm minyak zaitun untuk saus
  • 2 sdm madu

Cara Memasak

1. Campurkan minyak zaitun, perasan lemon dan madu. Lalu kocok hingga semua bahan menyatu menjadi saus salad.
2. Potong semua bahan salad.
3. Setelah terpotong, campurkan semua bahan salad yang sudah dipotong-potong kedalam satu wadah. Lalu tuangkan saus yang sudah dibuat sebelumnya ke atas salad.
3. Tambahkan kecambah alfalfa diatas salad sebagi penambah tekstur.

Nah itu tadi manfaat dan cara mengolah buah zaitun. Agar lebih jelas, berkonsultasilah dengan dokter gizi untuk memastikan anda memperoleh zaitun sesuai kebutuhan tubuh anda.
Sekian artikel Manfaat Zaitun Bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda untuk mengetahui manfaat dari buah satu ini. Simak berbagai artikel menarik lainnya seputar kesehatan hanya di Reseppedia Blog. Jangan lupa juga untuk follow instagram kami di @reseppediacom untuk dapat info terbaru seputar resep masakan sehari-hari.

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka