5 Cara Unik Menghilangkan Stress Agar Bahagia Kembali

5 Cara Unik Menghilangkan Stress Agar Bahagia Kembali

5 Cara Unik Menghilangkan Stress Agar Bahagia Kembali – Stress tentunya kerap dirasakan oleh banyak orang dan tidak terlepas dari kehidupan. Banyak hal yang dapat mengakibatkan anda stress, seperti masalah di tempat kerja, masalah rumah tangga, dan hal lainnya. Tentunya stress akan berpengaruh pada kehidupan and ajika anda tidak bisa mengatasinya. Mungkin tak banyak orang yang bisa mengatasi hal satu ini.

Anda tentunya harus bisa mengendalikan stress, jika tidak maka akan dapat berpengaruh kepada kesehatan anda. Contohnya tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau depresi jika stress tidak dikendalikan dalam jangka panjang.

Selain itu, stress yang berkepanjangan akan dapat memicu berbagai gangguan, seperti sakit kepala, nafsu makan menurun, insomnia, sulit berkonsentrasi dan yang lainnya.

5 Cara Unik Menghilangkan Stress Agar Bahagia Kembali
Ilustrasi Stress – angker4d | Image Source : Shutterstock.com

Karena stress yang tidak diatasi dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan jiwa anda. Ada baiknya anda menghilangkan stress dengan cara-cara unik yang tentunya akan membuat anda bebas dari stress. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa cara unik yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan stress.

Cara Unik Menghilangkan Stress

1. Mengelus Kucing atau Anjing Peliharaan

Mengelus Anjing Peliharaan
Mengelus Anjing Peliharaan – src : iStock

Jika dirumah anda mempunyai binatang peliharaan seperti anjing atau kucing, anda dapat melakukan terapi dengan binatang tersebut. Dengan menyentuh dan memeluk binatang tersebut, dengan cepat akan meningkatkan kadar serotonin dan dopamin. Yang dimana kedua hormon tersebut dapat menenangkan pikiran dan otot. Terlebih, anjing merupakan hewan stimulus yang hebat untuk membantu anda meningkatkan mood, menekan depresi dan menurunkan tekanan darah.

2. Berendam dengan Air Hangat

Berendam Air Hangat
Berendam Air Hangat – src : iStock

Berendam air hangat dapat mengihlangkan stress? Yap. Sebuah study asal Swedia yang dipublikasikan dalam International Jounal of Management Stress. Menemukan bahwa mengambang di air dapat memicu respon relaksasi tubuh, yang dapat membantu menekan tingkat hormon pemicu stress. Penelitian tersebut membuktikan, bahwa berenang dapat mengurai ketegangan dan rasa tertekan pada anak usia 11 hingga 13 tahun.

Anda dapat berendam dirumah dengan air hangat ditemani dengan lilin aromaterapi dan alunan musik lembut. Penggunaan aromaterapi nyatanya dapat menjadi cara unik untuk mengilangkan stress. Aroma tertentu, seperti lavender telah secara konsisten terbukti menguragi tingkat stress.

3. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet merah muda
Mengunyah permen karet merah muda – src : iStock

Permen karet dikatakan dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Menurut sebuat penelitian yang dilakukan oleh Adrew Scholey, Ph.D., peserta yang secara teratur mengunyah permen karet menunjukan penurunan tingkat kecemasan, meningkatkan kewaspadaan dan kemanjuan multi-tasking.

4. Menggambar atau Mewarnai

Menggambar Untuk Menghilangkan Stress
Menggambar Untuk Menghilangkan Stress – src : iStock

Menggambar atau Doodling diatas kertas dapat menjadi cara yang cukup efektif untuk menenangkan pikiran. Nyatanya dapat menghilangkan stress walaupun terlihat sangat sederhana dan unik. Bahan yang digunakanpun cukup sederhana, yaitu sebuah pulpen dan secarik kertas. Anda dapat melakukan hal ini jika merasa bosan atau saat pikiran sedang sembrawut.

Anda juga dapat membeli buka khusus doodling di toko buku, kemudian anda tinggal mempercantiknya dengan pensil warna, crayon, atau spidol. Kegiatan satu tidak hanya untuk menghilangkan ketegangan, bahkan juga untuk meningkatkan kreativitas dan konsentrasi.

5. Berkebun

Berkebun juga menjadi salah satu cara yang unik untuk menghilangkan stress. Saat melakukan kegiatan satu ini, kita membutuhkan konsentrasi, berarti anda akan mengalihkan pikiran stress anda kepada kegiatan yang sedang dilakukan. Terlebih anda mengamati proses pertumbuhan tanaman yang anda tanam tentunya kan memunculkan rasa puas dalam hati.

Berkebun tentunya sangat baik dilakukan jika anda stress, terlebih saat anda menyiram tanaman sembari melihat buah bergelantungan. Tentunya kegiatan berkebun anda akan lebih memuaskan dan tentunya membuat stress anda pergi jauh-jauh.

Sekian artikel 5 Cara Unik Menghilangkan Stress Agar Bahagia Kembali. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang merasakan strees, anda dapat melakukan cara-cara unik diatas. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Reseppedia Blog.

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka