Beragam Manfaat Teh Tawar Bagi Kesehatan

Beragam Manfaat Teh Tawar Bagi Kesehatan

Beragam Manfaat Teh Tawar Bagi Kesehatan – Pernah minum teh tawar? Memang pahit rasanya, tapi tahukah kamu jika teh tawar memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mungkin ada banyak orang yang suka mengonsumsi teh tawar, namun tak menutup kemungkinan bahwa ada banyak orang yang tidak suka dengan teh tanpa gula.

Ada beragam jenis teh, mulai dari teh hijau, teh hitam, hingga teh oolong. Tentunya semua teh ini nikmat jika diminum dalam keadaan manis. Namun, mengonsumsi teh tanpa gula lebih direkomendasikan.

[su_note note_color=”#F1f1f1″ text_color=”#000000″]

Baca Juga : Manfaat Zaitun Bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya

[/su_note]

Tentunya teh yang dikonsumsi dengan tambahan pemanis memiliki kandungan kalori yang lebih besar, sehingga dapat menyebabkan anda mudah mengalami kerusakan gigi dan kelebihan berat badan. Berbeda dengan teh manis, teh tawar tentunya lebih bermanfaat bagi kesehatan karena tidak menambah asupan kalori tubuh.

Beragam Manfaat Teh Tawar

Beragam Manfaat Teh Tawar Bagi Kesehatan
Ilustrasi Teh Tawar | Image Source : Shutterstock.com

1. Membuat tubuh relaks

Mengonsumsi teh tawar ternyata dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih relaks. Hal ini tidak lepas dari manfaat kandungan L-theanin yang ada di teh dalam merelaksasi tubuh. Tak hanya itu, L-theanin juga memberikan manfaat lainnya, seperti meredakan stress, memperbaiki mood, dan meningkatkan fungsi otak. Manfaat tersebut dapat kamu temukan di the hijau dan the hitam.

2. Menurunkan kolesterol jahat

Selain membuat tubuh relaks, mengonsumsi teh tawar juga mampu menurunkan kolesterol jahat. Mengonsumsi teh tawar secara rutin diyakini dapat menurunkan kada kolesterol jahat dalam tubuh. Jenis tah tawar penurun kolesterol adalah teh hitam.

3. Mencegah penyakit kanker

Teh diketahui sebagai salah satu minuman yang dapat mencegah terjadinya kanker. Ini dikarenakan oleh kandungan polifenol dan antioksidan pada teh yang diketahui mampu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan ini terdapat pada teh hijau dan teh hitam.

4. Menormalkan gula darah

Mengonsumsi teh tawar dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Kandungan polifenol yang ada pada beberapa jenis the, seperti teh hijau, teh hitam dan tehh oolong. Tentunya kandungan ini mampu meningkatkan sensivitas insulin pada tubuh, tentuny hal tersebut yang membuat kadar gula darah dapat lebih dikontrol.

5. Melancarkan peredaran darah

Mengonsumsi teh tawar secara ruti diyakini mempu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Pasalnya, kandungan polifenol pada teh dapat mencegah terjadinya pembentukan plak pada pembuluh darah. Kandungan tersebut juga dapat membuat kamu tidak mudah mengalami penyempitan pembuluh darah. Jenis teh yang memiliki kandungan tersebut adalah teh hijau, teh hitam dan oolong.

[su_note note_color=”#F1f1f1″ text_color=”#000000″]

Baca Juga : Manfaat Mengkonsumsi Bawang Bombay Bagi Kesehatan

[/su_note]

Meski memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, tentunya kamu harus tetap memperhatikan jumlah teh yang kamu konsumsi. Mengonsumsi teh dianjurkan 2-3 cangkir dalam sehari, dan tidak lebih dari itu.

Terlebih jika kamu sedang hamil atau mengidap sakit maag, maka tidak boleh mengonsumsi teh terlalu banyak dalam sehari. Perlu kamu ketahui bahwa mengonsumsi teh berlebihan dapat menyebabkan efek samping dari kafein yang terkandung di dalamnya.

Sekian artikel tentang Beragam Manfaat Teh Tawar Bagi Kesehatan, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda untuk mengetahui manfaat dari teh tawar. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Reseppedia Blog. Untuk anda yang sedang bingung masa kapa untuk hari ini, yuk simak saja Resep Masakan di Reseppedia. Jangan lupa follow Instagram @reseppediacom untuk mendapatkan informasi tentang resep masakan terbaru.

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka