Makanan Penyebab Vertigo Yang Perlu Dihindari

Makanan Penyebab Vertigo Yang Perlu Dihindari

Makanan Penyebab Vertigo Yang Perlu Dihindari – Vertigo merupakan suatu kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala yang tidak tertahankan. Penderita penyakit ini juga merasakan sensasi seperti berputar saat sakit kepala. Sensasi berputar dan pusing tentunya dapat menghambat seseorang dalam aktivitas.

Kondisi ini merupakan gangguan vestibular yang terjadi di bagian dalam telinga. Mungkin tak banyak yang tahu tentang hal satu ini, dan perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan vertigo. Tentunya beberapa makanan ini dapat memicu kekambuhan dan memunculkan serangan.

Gejala vertigo secara umum dapat terjadi karena berbagai hal. Ada lebih dari 40 penyakit atau kondisi di bagian dalam telingan, pada sistem saraf otak, serta beberapa penyakit lainnya, seperti :

  • Diabetes
  • Migrain
  • Stroke
  • Parkinson
  • Tumor otak

Beberapa penyakit tersebut dapat memicu terjadinya penyakit vertigo. Resiko vertigo juga meningkat pada perokok aktif dan orang yang memiliki gaya hidup kurang sehat. Seperti orang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan yang menmicu vertigo.

Makanan Penyebab Vertigo

Makanan Penyebab Vertigo Yang Perlu Dihindari
Ilustrasi Pengidap Vertigo | Image Source : Shutterstock.com

Saat vertigo kambuh, pengidapnya akan mengalami gejala seperti mual, muntah, nistagium (pergerakan bola mata abnormal), berkeringat, hingga hilangnya pendengaran. Merasakan pusing ketika serangan vertigo muncul dapat berlangsung beberapa saat dan dapat hilang-muncul kembali.

Penanganan untuk penyajit ini tentunya berbeda-beda, tergantung penyebab dari serangan vertigo. Karena gejala yang ditimbulkan sangat mengganggu, sebaiknya kamu mencegah datangnya serangan vertigo tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah vertigo ini dengan menjaga pola makan agar tetap sehat. Sebab, pemicu kambuhnya vertigo juga ada pada makanan, sehingga beberapa makanan perlu dihindari.

Perlunya menghindari makanan penyebab vertigo ini karena dapat meningkatkan proses peradangan di dalam tubuh. Di kutip dari Vertigo Treatment, berikut beberapa jenis makanan yang bisa sebabkan vertigo dan perlu dihindari.

1. Makanan Tinggi Gula

Es Krim Makanan Tinggi Gula
Es Krim Makanan Tinggi Gula – src : iStock

Makanan dan minuman tinggi gula, seperti mengandung madu, gula pasir, gula merah seperti kue dan soda sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi. Sebab, mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang terlalu tinggi dapat menyebabkan fluktuasi volume cairan telinga yang meningkatkan gejala vertigo. Sebagai alternatifnya, pilihlah gula kompleks yang berasal dari kacang-kacangan, biji-bijian, kentang dan sayuran.

2. Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein

Kafein biasanya terkandung dalam kopi, teh, cokelat, minuman energi dan soda. Tentunya ini akan dapat meningkatkan sensasi dengung dalam telinga. Itulah mengapa kamu peru menghindari kafein, karena merupakan saran yang baik bagi pengidap vertigo.

3. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol tentunya perlu dibatasi karena dapat mempengaruhi komposisi cairan dalam telinga. Selain itu, alkohol juga dapat memperburuk rasa pusing jika dikonsumsi oleh pengidap penyakit vertigo. Pengaruh negatif dari alkohol juga diyakini dapat membuat tubuh dehidrasi dan membuat metabolit berbahaya bagi telinga bagian dalam dan otak. Serta, alkohol juga dikenal sebagai pemicu serangan migrain yang juga menyebabkan pusing dan mual.

4. Makanan Tinggi Garam

Makanan yang mengandung tinggi garam juga perlu untuk kamu kurangi. Hal ini karena kandungan sodium dalam garam dapat memperburuk vertigo. Mengonsumsi makanan tinggi garam juga dapat menyebabkan penahanan air yang berlebihan dalam tubuh. Maka dari itu, pengidap vertigo sebaiknya menjauhi makanan tinggi sodium seperti, keju, popcorn, keripik, kecap dan makanan kaleng.

Tips Mencegah Vertigo Selain Dengan Makanan Penyebabnya

Pencegahan vertigo ini harus dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai penyebab dan faktor risiko yang dimiliki oleh setiap pengidapnya. Misalnya, jika vertigo disebabkan oleh infeksi pada telinga, tentu saja infeksinya harus segera diatasi. Dengan ini, kemungkinan serangan vertigo akan dapat berkurang.

Selain itu juga, ada beberapa upaya lain yang dapat dilakukan, selain menghindari makanan penyebab vertigo, ada upaya lain yang dapat dilakukan untuk mencegah kambuhnya vertigo, seperti berikut :

  • Hindari membuat gerakan kepala secara tiba-tiba
  • Upayakan selalu bangun dari posisi tidur secara bertahap, denagn duduk terlabih dahulu
  • Selalu memposisikan kepada sedikit lebih tinggi dari badan saat tidur
  • Hindari gerakan meregangkan leher
  • Hindari gerakan membungkuk
  • Upayakan untuk menghindari kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol.
  • Hindari benturan pada kepala
  • Batasi asupan makanan berlemak
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh
  • Minum obat-obatan sesuai indikasi
  • Obati secara baik penyakit yang berpotensi menimbulkan vertigo (diabetes atau tekanan darah tinggi)

Sekian artikel tentang Makanan Penyebab Vertigo Yang Perlu Dihindari. Sebaiknya perhatikan makanan dan minuman agar tetap sehat, sehingga dapat terhindar dari vertigo. Dapatkan informasi tentang kesehatan dan makanan sehat lainnya hanya di Reseppedia Blog. Follow  Instagram @reseppediacom untuk mendapatkan informasi seputar resep makanan enak.

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka