Ketahui Manfaat Kacang Panjang Terhadap Ukuran Payudara dan Kadar Glukosa

Ketahui Manfaat Kacang Panjang Terhadap Ukuran Payudara dan Kadar Glukosa

Ketahui Manfaat Kacang Panjang Terhadap Ukuran Payudara dan Kadar Glukosa – Kacang panjang merupakan salah satu sayuran yang sudah tidak asing lagi dan kerap dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Banyak kandungan di dalam sayuran satu ini yang baik untuk tubuh. Sayuran ini mengandung banyak nutrisi, selain itu juga bermanfaat bagi ukuran payudara dan kadar glukosa. Kacang panjang memiliki nama latin Vagina Unguiculata Supspecies Sesquuipedalis. Sayuran ini biasanaya tumbuh di wilayah yang beriklin hangat, seperti negara-negara Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Manfaat Kacang Panjang

Mungkin belum banyak yang tahu tentang beberapa manfaat dari sayuran satu ini. Meskipun begitu, hampir setiap hari masyarakat di Indonesia mengosumsi sayuran, salah satunya kacang pajang ini. Terlebih lagi kacang panjang bisa diolah menjadi berbagai makanan, jadi enak untuk dikonsumsi setiap hari.

Manfaat kacang panjang banak berasal dari mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya. Diantaranya, vitamin A, thiamin, riboflavin, niacin, asam panthotenat, vitamin B6, asam folat dan vitamin C. Deretan mineral yang terkandung dalam kacang panjang adalah kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium dan natrium.

Di atas adalah beberapa kandungan dari kacang panjang yang baik untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian, ada beberapa manfaat dari kacang panjang, berikut manfaatnya :

1. Kemungkinan memperbesar payudara

Ketahui Manfaat Kacang Panjang Terhadap Ukuran Payudara dan Kadar Glukosa
Ilustrasi Ukuran Payudara | Image Source : Shutterstock.com

Sebuah penelitian di Indonesia mencba membuktikan anggapan yang selama ini dipercaya. Berdasarkan penelitian tersebut, hal ini mungkin saja terjadi mengingat kacang panjang mengandung fitoestrogen yang merupakan estrogen alamiah yang terdapat di dalam tanaman. Senyawa-senyawa yang termasuk jenis fitoestrogen, antara lain flavonoid (flavon, flavonol, flavanon dan amtosianidin), coumestan, lignan dan stilben.

Baca juga : Mengenal Bali Chiropractic Untuk Kesehatan Tulang Belakang dan Sistem Saraf

Kehadiran senyawa fitoestogen dalam kacang panjang dapat memacu pertumbuhan sel-sel epitel di payudara jika bergabung dengan reseptor estrogen. Nah, proses ini dinamakan efek estrogenik. Efek estrogenik tersbut terjadi karena sel epitel payudara sangat responsif terhadap estrogen, yang akan memicu perkembangan payudara.

2. Menurunkan kadar glukosa

Ketahui Manfaat Kacang Panjang Terhadap Ukuran Payudara dan Kadar Glukosa
Ilustrasi Tes Kadar Gula | Image Source : iStockphoto.com

Penelitian lain dilakukan dalam upaya mengetahui potensi manfaat kacang panjang untuk menurunkan kadar gula darah atau glukosa. Penelitian ini dilakukan dengan mengekstraksi biji kacang panjangan yang kemudian dianalisis secara ilmiah mengenai sifat antihiperglikemik dan antinosiseptif yang dikandung. Namun, penelitian mengenai aktivitas antihiperglikemik dari kacang panjang masih sebatas pengujian dengan tes toleransi glukosa secara oral pada hewan. Belum ada bukti klinis mengenai efek ini pada manusia, sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Itu tadi ada manfaat dari kacang panjang. Meski masih memerlukan penelitian lebih lanjut, namun sudah lama dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai sajian makanan yang diproses atau diolah dengan berbagai jenis masakan. Selain itu, masyarakat juga kerap mengambil bijinya saja ketika sudah matang untuk dikonsumsi.

Sekian penjelasan menfaat dari kacang panjang, semoga bermanfaat dan dapat membantu. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya seputar kesehatan hanya di Reseppedia Blog.

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka