Resep Semur Daging Khas Betawi

Resep Semur Daging Khas Betawi

Siapa sih yang gak suka semur ? apalagi semur daging, tapi jangan kebanyakan makan daging yah, gak baik juga buat kesehatan. Ngomongin semur daging Betawi, udah kebayang dong gimana rasanya. Hm.. mikirinnya aja udah ngiler. Makanan khas Betawi memang enak-enak. Perpaduan bumbunya pas di lidah. Langsung aja yuk di cobain di rumah, di jamin keluarga bakalan senang nih. Berikut resepnya :

Bahan-Bahan

  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • minyak untuk menumis, secukupnya
  • bumbu halus : 4 siung bawang putih, 7 butir bawang merah, 4 butir kemiri (sangrai), 1 sdt ketumbat butiran (sangrai), 2 cm jahe, ½ sdt merica kasar, ¼ sdt jintan (sangrai), garam secukupnya
  • 500 gram daging sapi, iris merintang serat
  • 2 lembar daun salam
  • 3 buah cengkih
  • 1 buah kulit ari biji pala
  • 4 cm kayu manis
  • 3 sdm kecap manis
  • bawang merah goreng untuk taburan, secukupnya
  • 2 buah tomat, potong-potong
  • 1½ liter air

Cara Masak

  • Tumis bawang merah yang sudah di iris sampai harum. Tambahkan bumbu halus, daun salam, kayu manis, kulit ari biji pala dan cengkih sampai bearoma harum dan matang
  • Tambahkan daging sapi, masak sampai daging berubah warna. Kemudian masukkan tomat dan kecap manis, aduk rata sampai tomat layu.
  • Tambahkan air, aduk-aduk kemudian biarkan sampai daging empuk.
  • Terakhir sajikan di dalam wadah, taburkan bawang merah goreng diatasnya.

Tags

  • Populer di Betawi
  • Disajikan untuk 2 orang
  • Waktu Masak 50 menit